counter

Jokowi tinjau lokasi "urban farming" di Merunda

Jokowi tinjau lokasi "urban farming" di Merunda

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (ANTARA FOTO/Dhoni Setiawan)

Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) pagi ini meninjau "urban farming" atau pertanian perkotaan di kompleks Rusunawa Merunda kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

"Ini dulu memang sudah pernah diajarin nanem tapi masih di tanah tradisional, selain itu dulu ada peternakan lele sudah ada," kata Jokowi.

Kali ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berinisiatif meningkatkan kualitas pemberdayaan perekonomian masyarakat dalam hal pertanian perkotaan dengan menggandeng konsultan.

"Kali ini kita pakai teknologi pertanian, akhir bulan pasti sudah panen, ada lada, kailan, sawi-sawian dan lain-lain," kata Jokowi.

Di kompleks Rusunawa Merunda terdapat 3900 pohon mangga. Selain itu juga ada tanaman hidroponik berupa sayur mayur seluas 16 kali 40 meter persegi.

Konsultan urban farming Heru Agus Hendra menjelaskan proyek percontohan di Merunda menggunakan teknik nutrient film.

"Teknik ini menggunakan modul pipa sehingga sistem penyiraman tidak manual tapi otomatis. Hal ini bisa lebih menghemat pupuk, air, waktu, selain itu tidak menggunakan pestisida sehingga bisa jadi sumber makanan sehat bagi warga," kata Heru.

Sebelumnya, Heru sudah pernah melakukan pendampingan di Bali, Jateng, Kalimantan dan daerah-daerah sulit tanam lainnya.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Presiden akan pelajari draf revisi UU KPK

Komentar