Solo (ANTARA) - Sebanyak enam orang mendaftar menjadi bakal calon Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta periode 2024-2029.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor UNS Mohammad Jamin di Solo, Jawa Tengah, Rabu, mengatakan enam orang yang mendaftar tersebut lima di antaranya dari internal kampus, sedangkan satu pendaftar dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI.

Lima dari UNS tersebut yakni Sunny Ummul Firdaus dari Fakultas Hukum, Hartono dari Fakultas Kedokteran, Fitria Rahmawati dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Cucuk Nur Rosyidi dari Fakultas Teknik, dan Muhtar dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Sedangkan satu dari Kemenko PMK yakni Warsito.

Ia mengatakan tahap selanjutnya panitia akan melakukan proses verifikasi administrasi dan faktual persyaratan bakal calon rektor pada 12-23 Juni 2024.

"Daftar bakal calon rektor yang lolos verifikasi akan ditetapkan oleh MWA UNS pada 25 Juni," katanya.

Ia mengatakan beberapa rangkaian jadwal selanjutnya adalah menerima masukan dari warga kampus UNS pada 25 Juni, dilanjutkan dengan forum uji publik oleh panelis pada 2 Juli.

"Pada 9 Juli, MWA UNS akan menetapkan dan mengumumkan tiga calon Rektor UNS periode 2024-2029," katanya.

Sementara itu, pada 18 Juli para calon rektor akan menyampaikan visi, misi, dan program kerja masing-masing.

"Agenda kemudian dilanjutkan dengan pemilihan Rektor UNS periode 2024-2029 yang akan dilakukan oleh MWA UNS dalam sebuah rapat pleno pada tanggal yang sama. Penetapan rektor terpilih dan penyampaian hasil penetapan kepada rektor terpilih akan langsung dilakukan usai rapat pleno tersebut," katanya.

Terakhir, dikatakannya, untuk pelantikan dan pengambilan sumpah Rektor UNS terpilih untuk masa jabatan 2024-2029 akan dilakukan pada 8 Agustus.

"Kami berharap proses pemilihan Rektor UNS dapat berjalan dengan lancar," katanya.

Baca juga: UNS bawa mobil hemat energi ke kompetisi internasional

Baca juga: UNS masuk lima besar PT terbaik versi THE Asia

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024