Las Vegas (ANTARA News) - Sikat gigi "pintar" pertama yang bisa terkoneksi Internet diperkenalkan di ajang Consumer Electronics Show, Las Vegas, Minggu (5/1).

Perangkat buatan Kolibree yang berbasis di Prancis ini ditujukan untuk "menemukan kembali perawatan mulut," demikian menurut salah satu pembuat, Loic Cessot.

"Teknologi di industri ini tidak berkembang selama bertahun-tahun. Idenya bukan menyikat lebih keras, tapi lebih pintar," kata Cessot seperti dikutip kantor berita AFP.

Sikat gigi Kolibree memiliki sensor yang mendeteksi berapa banyak karang gigi yang dibersihkan saat menyikat gigi dan mencatat kegiatan menyikat supaya pengguna bisa menjaga kebersihan gigi secara konsisten setiap waktu.

Peralatan itu menyampaikan informasi secara nirkabel ke aplikasi telepon pintar sehingga akan sangat membantu para orang tua yang ingin memantau kebersihan gigi anak-anak mereka, kata Cessot.

"Saat menyikat gigi dengan sikat gigi biasa, Anda tidak tahu sebanyak apa yang telah Anda bersihkan. Bisa jadi hanya 30 persen. Yang benar-benar tahu hanya dokter gigi," katanya.

Aplikasi tersebut bisa memberitahu pengguna jika mereka melewatkan bagian yang sulit dibersihkan atau tidak menyikat secara menyeluruh.

Terbuka kesempatan bagi para pengembang untuk menambahkan program lain. Tujuannya untuk meningkatkan motivasi dan membuat kegiatan menyikat gigi lebih menyenangkan, lanjut Cessot.

Produk awal yang didanai secara mandiri dibuat oleh Cessot dan bekas eksekutif Microsoft dan Google Thomas Serval.

Produk itu rencananya dirilis di berbagai tempat di dunia pada kuartal ketiga dan bisa dipesan lewat Kickstarter dengan harga dari 99 dolar AS hingga 200 dolar AS sesuai model dan akan mencakup aplikasi mobile gratis.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014