Medan (ANTARA) - Wali Kota Medan Bobby Nasution mengapresiasi Datuk Bandar Majlis Bandaraya Kuantan (MBK) Malaysia yang mengikuti ajang Gelar Melayu Serumpun (Gemes) 2024.

"Terima kasih sudah hadir di Kota Medan dan datang untuk ikut serta dalam ajang Gemes," ucap Bobby saat menerima kunjungan Datuk Bandar MBK Malaysia Dato' Razihan bin Adzharuddin di Medan, Rabu.

Dia menjelaskan, Gemes merupakan ajang silaturahim etnis Melayu dari berbagai wilayah maupun sejumlah negara yang digelar Pemkot Medan.

Berbagai atraksi seni kearifan lokal ditampilkan dalam Gemes sebagai sarana mempromosikan pariwisata di wilayah ibu kota Provinsi Sumatera Utara.

Ajang Gelar Melayu Serumpun ke-7 itu digelar di Istana Maimun Medan mulai 29 Mei hingga 1 Juni mendatang.

"Silakan nikmati kuliner Medan dengan dua cita rasa, yakni enak dan enak sekali," kata Bobby di hadapan Dato’ Razihan beserta rombongan negara jiran Malaysia.

Wali kota juga mengatakan, kegiatan ini juga melibatkan beberapa negara tetangga yang memiliki kedekatan rumpun Melayu.

Selain itu, ajang Gemes diikuti hampir seluruh kabupaten/kota se-Sumatera Utara dan beberapa provinsi di Indonesia yang mengusung tema "Takkan Melayu Hilang di Bumi".

"Kami juga memiliki potensi-potensi yang bisa dikerjasamakan, seperti di bidang seni, budaya, olahraga dan pengembangan bakat kaum muda," tutur Bobby.

Datuk Bandar MBK Malaysia Dato' Razihan bin Adzharuddin menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang diberikan Pemkot Medan.

"Kami merasa senang karena bisa diterima di sini dan berada di Kota Medan. Mudah-mudahan di waktu mendatang kita bisa lebih memperkuat hubungan antarkeduanya (Pemkot Medan dan MBK, red)," ungkap dia.

Baca juga: Pemkot Medan: Gelar Melayu Serumpun Ke-7 dihadiri wakil empat negara

Baca juga: Pemkab Aceh Tengah pamerkan produk unggulan di Gerakan Melayu Serumpun


Pewarta: Muhammad Said
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024