Jakarta (ANTARA) - PT Pelindo (Persero) atau Pelindo berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan warga di Kelurahan Tanjung Priok, Jakarta Utara melalui program "Sehat Maju Bersama (SEMASA) Kampung Bahari".

Program itu bertujuan untuk mengatasi berbagai tantangan di wilayah tersebut, di antaranya masalah sanitasi, stunting pada anak-anak, dan kurangnya akses pendidikan serta pelatihan keterampilan.

"Kami berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Tanjung Priok melalui program SEMASA Kampung Bahari. Kolaborasi yang kuat antara perusahaan, masyarakat, dan pemangku kepentingan sangat penting untuk mencapai tujuan ini," ucap Sekretaris Perusahaan Pelindo Ardhy Wahyu Basuki dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Tanjung Priok dikenal dengan tantangan serius yang melibatkan berbagai aspek kehidupan masyarakatnya. Masalah sanitasi yang buruk, tingginya angka stunting, serta kurangnya akses pendidikan menjadi isu yang harus segera diatasi. Menanggapi situasi tersebut, Pelindo mengambil langkah proaktif melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL).

Program itu mencakup tiga bidang Utama, yaitu lingkungan, kesehatan, dan pendidikan. Di bidang lingkungan, revitalisasi mandi cuci kakus (MCK) berbasis bio septic tank diharapkan dapat mengatasi masalah sanitasi.

Sistem tersebut ramah lingkungan dan efisien dalam mengolah limbah, mencegah pencemaran air dan tanah serta penyebaran penyakit.

Ardhy mengatakan Pelindo juga bekerja sama dengan penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU) untuk memastikan fasilitas ini berfungsi dengan baik sehingga masyarakat dapat menikmati lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

Kemudian di bidang kesehatan, program BUNDA SEHATI bertujuan untuk mengurangi angka stunting melalui dukungan dan edukasi gizi bagi ibu-ibu yang memiliki balita. Kegiatan yang dilakukan, di antaranya kelas memasak sehat, kompetisi memasak, dan pemberian voucher belanja bahan makanan bergizi.

"Program BUNDA SEHATI memberikan dukungan yang sangat berarti bagi ibu-ibu dalam meningkatkan gizi anak-anak mereka," kata
Lurah Tanjung Priok Teguh Subroto.

Berikutnya dalam bidang pendidikan, pelatihan mengemudi kendaraan industri bersertifikasi mencakup mengemudi forklift, crane, dan mobil. Tujuannya untuk meningkatkan keterampilan warga sehingga mereka dapat mengakses pekerjaan yang lebih baik dan halal.

Teguh menyatakan dengan pelatihan itu, diharapkan warga Tanjung Priok dapat meningkatkan keterampilan mereka dan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik di sektor-sektor yang membutuhkan keahlian khusus.

Selain itu, revitalisasi MCK berbasis bio septic tank menggunakan teknologi pengolahan limbah yang efisien. Limbah dari toilet diproses secara alami sehingga tidak mencemari lingkungan sekitarnya. Kerja sama dengan PPSU memungkinkan pemeliharaan dan pengawasan fasilitas ini dilakukan dengan baik.

Adapun, program BUNDA SEHATI mencakup berbagai kegiatan yang mendukung ibu-ibu dalam menyiapkan makanan bergizi untuk anak-anak mereka. Kelas memasak Sehati mengajarkan ibu-ibu cara memasak makanan bergizi, sementara kompetisi Chef Sehati menjadi ajang berbagi resep dan ide kreatif dalam memasak makanan sehat.

Voucher Sehati diberikan sebagai insentif bagi anggota yang aktif dalam program, dan Lomba Balita Sehati bertujuan untuk meningkatkan kesehatan balita melalui berbagai aspek seperti pertumbuhan dan kebersihan.

Sedangkan, pelatihan mengemudi kendaraan industri bersertifikasi mencakup pelatihan mengemudi forklift untuk meningkatkan peluang kerja di pelabuhan atau gudang, pelatihan mengemudi crane untuk membuka peluang di sektor konstruksi atau industri, dan pelatihan mengemudi mobil untuk meningkatkan mobilitas ekonomi melalui pekerjaan di sektor transportasi atau usaha pengiriman.

Pelindo pun mengharapkan program SEMASA Kampung Bahari diharapkan dapat membawa perubahan positif di Kelurahan Tanjung Priok.

Dengan kolaborasi antara PT Pelindo, masyarakat setempat, dan pemangku kepentingan lainnya, diharapkan tercipta dampak signifikan dan berkelanjutan bagi kesejahteraan masyarakat.

"Kami sangat optimis program ini akan memberikan perubahan positif yang nyata bagi warga Tanjung Priok," ujar Ardhy.

Baca juga: Pelindo lanjutkan transformasi layanan peti kemas dalam dua aspek
Baca juga: Pelindo dukung percepatan pengeluaran petikemas impor
Baca juga: Pelindo sambut baik kemudahan operasional bagi operator kapal wisata

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024