Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Hardiyanto Kenneth meminta Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI Jakarta rutin memelihara fasilitas di Tebet Eco Park, Jakarta Selatan.
 
"Saya minta kepada Distamhut DKI Jakarta agar bisa lebih memperhatikan dan pemeliharaan intensif fasilitas di Tebet Eco Park," kata Kenneth di Jakarta, Kamis.
 
Kenneth menyayangkan adanya kejadian seorang pengunjung wanita berinisial NA (28) yang terluka usai tertimpa pohon tumbang di Tebet Eco Park, Tebet, Jakarta Selatan, pada Jumat (24/5).
 
Pohon yang tumbang di Tebet Eco Park merupakan pohon flamboyan yang roboh diduga karena faktor usia.
 
Tak hanya itu, Kenneth mendapatkan laporan dari para pengunjung yang mengeluhkan kondisi fasilitas hingga kebersihan. Salah satunya saluran air.

Baca juga: Seratus karya seni anak berkebutuhan khusus warnai Tebet Eco Park
 
Saluran air yang menimbulkan bau tak sedap sehingga mengganggu kenyamanan pengunjung.
 
"Seharusnya ada perawatan yang rutin untuk membersihkan saluran air diysana karena masalah ini sudah pernah dikeluhkan pada tahun 2022, tetapi masih tetap tidak ada perbaikan dan penyelesaian sampai hari ini," ujarnya.
 
Selain itu, pengunjung Tebet Eco Park juga mengeluhkan fasilitas yang tak pernah kunjung diperbaiki, seperti jembatan gantung yang jaraknya panjang serta beberapa lampu taman yang sudah rusak atau tidak menyala.
 
"Distamhut DKI juga harus melakukan perawatan secara berkala, baik dirawat tiga atau enam bulan sekali untuk pohon-pohon yang ada di seluruh taman maupun di badan jalan," ujarnya.

Baca juga: DKI pasang empat sensor di jembatan Tebet Eco Park
 
Sementara itu, petugas pengelolaan Tebet Eco Park, Muhammad Ali mengatakan pihaknya masih memastikan penyebab pohon tumbang tersebut.
 
"Dari lapangan kejadian sekitar pukul 13.00 WIB, korban sudah dibawa ke RS dan dalam penanganan tim medis," ujarnya saat dikonfirmasi.
 
Ali menambahkan, korban telah dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan medis atas lukanya itu. Korban dalam kondisi selamat.
 
"Wanita, terinfo tidak parah lukanya, kronologi masih menunggu dari laporan lapangan. Masih mengumpulkan informasi yang lebih lengkap," katanya.
 
Distamhut DKI sebagai pengelola Tebet Eco Park rutin melakukan pemeliharaan dan perbaikan fasilitas. Jika menemukan pelanggaran seperti jalan berlubang hingga pohon tumbang disarankan melapor ke JAKI.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024