Jakarta (ANTARA) - Dua atlet Indonesia Mutasar bin Hasbi dan Achmad Syahrul Uman mencetak prestasi dalam ajang berkuda memanah 12th Fetih Kupasi Conquest Cup yang diadakan di Istanbul, Turki.

Mutasar berhasil meraih medali emas kategori larian tradisional memanah pria, sementara rekannya Achmad menyabet medali perak setelah mengalahkan lawannya Koczka Laszlo dari Hungaria yang berada di urutan ketiga.

"Sangat bangga dan mengapresiasi kerja keras para atlet, khususnya yang berhasil meraih prestasi. Selamat kepada Mutasar bin Hasbi dan Achmad Syahrul Uman. Prestasi mereka tidak hanya mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, tetapi juga menjadi satu kampanye olahraga berkuda memanah di Tanah Air," kata Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

"Semoga pada ekshibisi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024, akan lahir atlet-atlet masa depan Indonesia yang kelak mempersembahkan medali saat mewakili bangsa dalam keikutsertaannya pada single/multievent internasional."

Kejuaraan 12th Fetih Kupasi Conquest Cup merupakan ajang tahunan yang mempertemukan para atlet berkuda memanah tradisional dari berbagai negara untuk bersaing dalam berbagai kategori.

Indonesia sudah menunjukkan dominasinya sejak babak 32 besar, terdapat enam atlet yang masuk pada babak tersebut, dua diantaranya Mutasar bin Hasbi dan Achmad Syahrul Umam, yang melaju hingga babak final.

Berkuda memanah merupakan salah satu komisi di bawah Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi).

Keberhasilan atlet binaan Pordasi Aceh Mutasar bin Hasbi dalam meraih medali emas merupakan pencapaian luar biasa yang menunjukkan keunggulan dan dedikasi atlet Indonesia pada olahraga berkuda memanah.

Di sisi lain, atlet binaan Pordasi Jawa Timur, Achmad Syahrul Uman juga menampilkan performa cukup baik karena meraih medali perak.

Ketua Umum PP Pordasi Triwatty Marciano menyampaikan selamat, apresiasi dan penghormatan yang setinggi-tingginya atas kerja keras komisi berkuda memanah PP Pordasi yang dipimpin Agape Zacharia Dondokambey karena membina atlet hingga meraih prestasi.

Ketum PP Pordasi juga memberikan selamat dan apresiasi kepada Ketua Pordasi Aceh Rahmuddinsyah, dan Ketua Pordasi Jawa Timur Sentot Djamaluddin yang baru dilantik.


Baca juga: Atlet belia raih beberapa medali di President Challenge Cup Malaysia

Baca juga: Menpora: Olahraga panahan berkuda sudah harumkan nama Indonesia

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024