Jakarta (ANTARA News) - Kepindahan Robert Lewandowski dari Borussia Dortmund ke Bayern Munich tanpa biaya karena kontaknya habis dan bisa menjadi salah satu rekrutan terbaik untuk tahun ini.

Merekrut salah seorang penyerang terbaik dunia dari musuh besar tanpa biaya sepeser pun merupakan bisnis menguntungkan dan ada banyak nama bintang sepakbola yang pindah klub tanpa biaya seperti Baggio, Sol Campbell hingga sang legenda lapangan tengah Italia, Andrea Pirlo.

Berikut 10 pemain yang pindah klub gratis karena habis kontrak dilansir dari laman Daily Mail:

10. Steve McManaman

McManaman, gelandang serang kelahiran Inggris, memilih kontrak lima tahun bersama Real Madrid pada tahun 1999. 

Ia menolak perpanjangan masa kerja di Liverpool dan mengabaikan penawaran dari Barcelona, Lazio, Inter Milan dan Juventus.

Di Liga Inggris, Steve McManaman dikenal sebagai pemain sayap tapi di La Liga Spanyol ia disebut sebagai gelandang serba bisa yang agresif. 

Steve McManaman menjadi pemain kunci kala Real Madrid memborong dua gelar La Liga, Piala Super Eropa, Piala Dunia antar Klub dan dua gelar Liga Champions.

9. Henrik Larsson

Meskipun Larsson hanya menjalani dua musim bersama Barcelona setelah kontraknya bersama Celtic kadaluarsa pada 2004, ia meraih sukses luar biasa bersama klub Catalan dengan menyumbang dua gelar La Liga, Piala Super Spanyol dan satu piala Liga Champions.

Kedatangan Samuel Eto'o dan cedera lutut serius yang ia derita membuat penampilannya terbatas, namun ia masih tampil mengesankan pada final Liga Champions 2006 sebagai pemain pengganti.

"Dia mengubah permainan," kata Thierry Henry, mantan punggawa Arsenal. "Itulah yang mematikan permainan, anda berbicara tentang Ronaldinho dan Eto'o, seharusnya kalian berbicara tentang pesepakbola yang membuat perbedaan dan itu adalah Henrik Larsson malam ini."

8. Michael Ballack

Real Madrid dan Manchester United tertarik untuk mendatangkan Ballack pada 2006 tapi mantan kapten timnas Panser justru memilih Chelsea .

Musim pertamanya di Chelsea tidak sukses karena cedera pergelangan kaki tetapi pada 2007-2008 Chelsea mencapai final Liga Champions melawan Manchester United. 

Pada 2010 Ballack meninggalkan London untuk bergabung dengan Bayer Leverkusen juga dengan bebas transfer.

7. Sol Campbell

Bagi pendukung Tottenham Hotspurs, Campbell akan selamanya diingat sebagai seorang pengkhianat karena meninggalkan The Lily White untuk bergabung dengan rival sekotanya, Arsenal pada tahun 2001 dan meraih sukses.

Campbell mempersembahkan dua gelar Liga Premier, tiga Piala FA dan final Liga Champions lebih dari apa yang pernah dia capai bersama Spurs. Campbell juga menjadi bagian penting ketika Arsenal tidak terkalahkan di Liga Premier musim 2003-2004.

Portsmouth juga beruntung ketika Campbell meninggalkan Arsenal karena kontraknya habis pada 2006.

6. Markus Babbel

Markus Babbel tampil brilian pada musim pertamanya pada 2001-2002 untuk Liverpool.

Markus Babbel tiba dari Bayern Munich sebagai salah satu bek kanan terbaik di Eropa setelah menderita cedera selama satu musim 2000-2001. Setelah kepindahan itu ia menjadi bek kanan terbaik di Liga Premier Inggris.

Markus Babbel menemani Liverpool membawa Piala FA, Piala UEFA dan Piala Liga. Babbel disebut sebagai pemain kunci klub bersama Sami Hyypia yang tampil mengesankan di lini pertahanan Liverpool.

5. Fernando Llorente

Seperti Lewandowski, Llorente merupakan penyerang terbaik Eropa saat ia setuju berlabuh ke Juventus dari Athletic Bilbao tahun lalu.

Pemain Spanyol ini sempat kesulitan pada awal kedatangannya tetapi baru-baru ini ia bermain baik bersama Carlos Tevez dan menjadi salah satu duet striker terbaik di Eropa. 

Fernando Llorente memiliki tiga musim di Juventus dan berpeluang untuk memenangkan banyak piala disana.

4. Brad Friedel

Liverpool melepas Friedel secara gratis pada tahun 2000  karena lebih percaya Sander Westerveld di bawah mistar gawang. 

Blackburn memanfaatkan jasa penjaga gawang Amerika Serikat tersebut dan nyaris tidak tergantikan dengan bermain 287 kali, ia bahkan mencetak satu gol.

Pada 2008 Brad Friedel bergabung dengan Aston Villa seharga 2,5 juta pounsterling. Saat ini ia masih bermain untuk Tottenham padahal usianya sudah 42 tahun.

3. Esteban Cambiasso

Cambiasso tidak bermain secara rutin di Real Madrid meskipun Claude Makelele sudah meninggalkan Madrid. Itulah alasan ia bergabung dengan Inter Milan dengan status bebas transfer pada tahun 2004.

Bersama Inter Milan, Cambiasso telah membuat lebih dari 400 penampilan dan menjadi bagian penting ketika Inter raih treble winner 2010 di bawah asuhan Jose Mourinho.

Cambiasso juga memenangkan empat gelar Serie A berturut-turut.

2. Roberto Baggio

Di AC Milan karir Baggio cenderung pasang surut, puncaknya adalah ketika ia meninggalkan Milan untuk bergabung dengan Bologna.

Di Milan, Roberto Baggio tidak dipilih Arrigo Sacchi namun kepindahannya ke Bologna mengembalikan karirnya dengan mencetak 22 gol dan membawa Bologna akhiri musim di peringkat delapan Serie A di musim 1997-98.

Berkat penampilan cemerlangnya, ia dipanggil kembali ke skuad timnas Italia untuk Piala Dunia 1998. Setelah Piala Dunia ia pun ditransfer ke Inter Milan

1. Andrea Pirlo

Banyak yang mengira karir Pirlo hampir berakhir ketika meninggalkan AC Milan dan bergabung Juventus pada 2011. 

Sebaliknya, ia kembali membuktikan diri sebagai gelandang terbaik di Eropa. Ia membawa Juventus menjadi tim terbaik di Italia dan penampilan Milan menurun karena kehilangan irama permainan Pirlo.

Pirlo juga menginspirasi kesuksesan Italia di final Euro 2012 dan satu-satunya pesepakbola Italia yang masuk nominasi Ballon d'Or 2013 .

Penerjemah:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014