Lombok Barat, NTB (ANTARA) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (Oase KIM) melepas 300 ekor tukik di Pantai Elak-Elak, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis.

Sebelum melepas tukik, Ibu Negara Iriana bersama Oase KIM melakukan panen mutiara di Balai Perikanan Budidaya Laut Lombok.

Usai panen mutiara, Ibu Negara bersama Oase KIM kemudian menuju Pantai Elak-Elak untuk meninjau dan memberikan edukasi daur ulang sampah plastik dan transpalansi karang kepada siswa SD dan SMK di pantai tersebut.

Diharapkan melalui daur ulang sampah dapat memberikan nilai tambah secara ekonomi kepada masyarakat sekitar.

Tak hanya itu, di tempat yang sama Ibu Negara bersama Oase KIM juga melaksanakan bersih-bersih sampah dan di akhiri dengan melepas tukik ke laut lepas ditemani puluhan siswa Sekolah Dasar. Diharapkan melalui kegiatan ekosistem laut di wilayah itu tetap terjaga.

Baca juga: Ibu Iriana dan OASE KIM edukasi anak-anak NTB

Salah satu istri menteri yang tergabung dalam Oase KIM, Annisa Pohan Yudhoyono mengaku gembira dengan kegiatan yang juga dihadiri Ibu Negara tersebut.

Dirinya pun berharap kebersihan destinasi wisata tetap dijaga dan tukik-tukik yang telah dilepas Ibu Negara bersama Oase KIM ke laut lepas tetap bisa hidup dan cepat besar.

"Mudah-mudahan tukik-nya tetap hidup ya, terus sehat dan cepat besar. Pantainya juga bersih," ujar Istri Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono ini.

Ibu Negara Iriana Jokowi bersama Oase KIM datang ke Lombok, NTB selama dua hari mulai tanggal 30 sampai 31 Mei 2024.

Penjabat Ketua Dewan Kerajinan Daerah NTB, Lale Prayatni, mengatakan kedatangan Ibu Negara Iriana Jokowi bersama Oase KIM dalam rangka melihat produk dan kuliner khas NTB. Termasuk, menggali potensi anak-anak NTB lewat lokakarya di BPMP NTB di Kota Mataram.

Selain itu, selama di Lombok. Ibu Negara juga meninjau Balai Perikanan Budidaya Laut Lombok di Sekotong di Kabupaten Lombok Barat. Di tempat ini Ibu Iriana meninjau lokasi mutiara, edukasi daur ulang sampah dan transplantasi terumbu karang.

Disamping itu, Iriana bersama rombongan juga meninjau pameran Dekranasda di KEK Mandalika Kabupaten Lombok Tengah yang terdiri atas produk lokal, kuliner lokal dan barista lokal.

Baca juga: Jokowi ajak Ibu Negara "nge-vlog"di mobil dinas RI-1


Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024