Garut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat bersama tim dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI membahas tentang persiapan pembuatan formula untuk penanganan stunting yang nantinya bisa diterapkan di berbagai daerah.

"Mereka akan menggali kondisi nyata di lapangan dengan studi kasus di Kabupaten Garut untuk kemudian diformulasikan menjadi solusi yang bisa diterapkan di semua kabupaten/kota dalam menangani stunting," kata Sekretaris Daerah Pemkab Garut Nurdin Yana usai pertemuan dengan tim dari LAN RI di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Garut, Kamis.

Sekda Garut bersama perwakilan instansi terkait melakukan pertemuan dengan tim dari Pusat Pelatihan, Pengembangan, dan Pemetaan Kompetensi Aparatur Sipil Negara (PKASN) LAN yang salah satu fokusnya membahas penggalian data digitalisasi untuk penanganan stunting di Garut.

Nurdin menyampaikan LAN sebagai lembaga analisis di bawah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) ingin membuat formula dalam penanganan stunting karena permasalahan itu penting sehingga LAN melakukan kajian lebih lanjut.

"Mereka semua ilmuwan yang ingin meracik meramu seberapa jauh sebetulnya formula yang efektif yang bisa adaptif di berbagai lokasi di situasi yang ada, inilah yang kita kaji," katanya.

Ia menyebutkan kajian yang dilakukan LAN mencakup aspek sumber daya manusia dalam menangani stunting, aksesibilitas terkait kondisi stunting, dan digitalisasi data stunting yang ada di Kabupaten Garut.

Ia berharap dinas terkait agar bisa berkoordinasi lebih lanjut dengan LAN untuk mendapatkan hasil kajiannya agar dapat diimplementasikan dalam penggalian data digitalisasi administrasi penanganan stunting.

"Saya mohon teman-teman dari KB, Dinkes, maupun Kominfo bisa bersinergi untuk menyajikan data konkret yang dapat menjadi dasar bagi LAN dalam merumuskan solusi yang adaptif untuk kebutuhan pemerintah kabupaten/kota di Indonesia," katanya.

Perwakilan Analis Kebijakan PKASN LAN RI, Anna Marifa Ayu Kencana, menyatakan, pihaknya masih melakukan penggalian data awal untuk digitalisasi administrasi pemerintahan terkait penurunan angka stunting di Kabupaten Garut.

Ia menjelaskan data yang sudah dikumpulkan dari sejumlah dinas terkait akan dianalisis terlebih dahulu untuk memahami akar permasalahan penyebab tingginya angka stunting di Garut.

Hasil dari analisis tersebut, kata dia, nantinya menjadi sebuah rekomendasi kebijakan yang akan diekspos dan dapat bermanfaat bagi penurunan angka stunting di Garut.

"Mudah-mudahan hasilnya bisa (bermanfaat) selain buat kami, itu bisa bermanfaat untuk daerah, karena kami ingin kita itu punya daerah mitra," katanya.

Baca juga: Pemerintah perkuat kolaborasi dan optimalkan anggaran perangi stunting

Baca juga: Kemenkes lakukan intervensi serentak cegah stunting sejak dini

 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024