Sydney (ANTARA News) - Sydney International terus menjadi "lahan kuburan" bagi sejumlah petenis putri papan atas, di mana juara bertahan sekaligus unggulan teratas Agnieszka Radwanska dan mantan petenis peringkat satu dunia Caroline Wozniacki kalah pada putaran kedua yang dimainkan pada Selasa

Bagaimanapun, juara bertahan kategori putra Bernard Tomic, menindak lanjuti eksploitasi sesama petenis Autralia Marko Matosevic, yang sebelumnya mengalahkan Florian Mayer 6-2, 4-6, 6-3, untuk menaklukkan unggulan kedelapan Marcel Granollers 6-3, 6-0 dalam waktu kurang dari satu jam.

Radwanska dan Wozniacki menyusul para juara Grand Slam Svetlana Kuznetsova dan Francesca Schiavonne, serta mantan petenis peringkat satu dunia Jelena Jankovic yang lebih dulu tersingkir dari turnamen ini.

Perjuangan Radwanska untuk mempertahankan gelarnya hanya berlangsung selama 92 menit, ketika ia dikalahkan 5-7, 2-6 oleh petenis kualifikasi AS Bethainie Mattek-Sands, sedangkan Wozniacki, yang kesulitan pada pertandingan putaran pertamanya pada Senin, takluk 4-6, 6-7 (7/9) dari petenis Ceko Lucie Safarova.

Petenis peringkat lima dunia Radwanska yang memenangi gelar Sydney tahun lalu sebagai bagian dari rangkaian 13 pertandingan tak terkalahkan yang berakhir di perempat final Australia Terbuka, mengatakan dirinya tidak terlalu memikirkan tersingkirnya dia sejak awal.

"Saya benar-benar memiliki banyak pertandingan bagus pekan lalu," kata petenis Polandia berusia 24 tahun ini, mengacu pada keberhasilannya memenangi ketiga pertandingan di Piala Hopman di Perth pekan lalu.

"Ini tidak seperti saya bermain buruk. Saya tidak mencemaskannya. Saya hanya berpikir ini bukan hari saya (dan)...terkadang Anda harus kalah."

"Saya pikir setiap pekan memiliki cerita yang berbeda. Anda memulai dan memulainya lagi."

"Setiap turnamen bukanlah hal yang sama. Anda tidak memenangi setiap pertandingan pada setiap pekan. Biasanya Anda hanya harus memulainya lagi, tidak benar-benar memikirkan apa yang terjadi pada pekan lalu."

Mattek-Sands sekarang akan menghadapi sesama petenis AS Madison Keys pada perempat final.

Mantan juara Wimbledon Petra Kvitova akan bermain melawan Safarova di perempat final, setelah unggulan kedua itu menaklukkan petenis kualifikasi asal AS Christina McHale 6-1, 6-0 dalam waktu kurang dari satu jam.

Wozniacki, yang absen dari turnamen Brisbane pekan lalu karena cedera bahu, mengatakan dirinya merasa baik-baik saja pada Selasa namun gagal memenangi angka-angka krusial pada pertandingan melawan Safarova.

"Saya merasa itu sangat bagus pada hari ini. Ada hal-hal kecil yang tidak dapat saya menangi," kata petenis Denmark itu.

"Saya tidak merasakan apapun di bahu saya sama sekali. Ini hebat. Saya merasa baik pada beberapa hari terakhir."

"Saya memainkan dua pertandingan di sini kemudian saya mendapatkan beberapa hari di sini (Melbourne) dan bermain beberapa set dengan bagus dengan sejumlah gadis, dan dengan pemain-pemain yang memiliki tipe yang berbeda-beda."

"Saya semestinya siap untuk Melbourne."

Pengunduran diri Hewitt

Petenis Australia Lleyton Hewitt menggunakan pendekatan yang berbeda untuk mempersiapkan diri untuk Australia Terbuka dengan mengundurkan diri dari turnamen invitasi Kooyong Classic di Melbourne.

Petenis 32 tahun itu menyodorkan kejutan di Brisbena International dengan menaklukkan Roger Federer di final pada Minggu, dan ia berkata dirinya akan memerlukan sepekan beristirahat untuk memulihkan diri dengan baik demi Grand Slam pembuka musim.

"Saat ini saya hanya belum pulih benar," kata Hewitt kepada para pewarta pada Selasa. "Ketika Anda bertambah tua, itu sedikit lebih sulit dibanding ketika Anda berusia 16 (ahun)."

"Kami akan menjalani turnamen utama pertama dan Anda harus melakukan hal yang tepat untuk diri sendiri."

Tempatnya pada turnamen yang diikuti delapan petenis itu akan diisi oleh kompatriotnya Jordan Thompson, yang akan bermain melawan petenis peringkat kelima dunia Richard Gasquet d pertandingan-pertandingan pertama pada Rabu. Petenis peringkat delapan dunia Tomas Berdych membuka turnamen dengan menghadapi Fernando Verdasco asal Spanyol.

Penghormatan pada Ferrer

Kompatriot Verdasco, David Ferrer, mendapat sambutan tradisional Maori di Auckland Terbuka pada Selasa, untuk menghormati kontribusinya terhada turnamen ini.

Ferrer akan melakukan penampilan ke-10nya di turnamen ini, setelah memenangi empat gelar, termasuk tiga gelar terakhir yang diraihnya secara beruntun.

"Terima kasih banyak untuk segalanya," kata petenis peringkat ketiga dunia ini kepada para penonton yang memadari Auckland Tennis Centre setelah diberikan sebuah manaia (ukiran Maori).

"Turnamen ini sangat istimewa. Saya berharap dapat kembali untuk tahun-tahun mendatang dan berusaha untuk memenanginya sekali lagi."

Ferrer akan bertemu petenis kualifikasi Donald Young di putaran kedua pada Rabu, setelah petenis AS itu mengalahkan Federico Delbonis asal Argentina dengan skor 7-5, 6-2.

Mantan juara Philipp Kohlschreiber juga melaju ke putaran kedua setelah meraih kemenangan 6-2, 3-6, 7-5 atas Pablo Carreno Busta asal Spanyol.

(Uu.H-RF/A020)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014