Kami bermain lebih sabar, belajar dari pertemuan awal-awal dengan mereka yang mempunyai pola serangan balik
Jakarta (ANTARA) - Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi wakil ketiga sekaligus terakhir untuk Indonesia pada babak perempat final Singapore Open 2024.

Kepastian itu didapatkan setelah Fajar/Rian menang atas pasangan Taiwan Fang-Chih Lee/Fang-Jen Lee pada babak 16 besar melalui dua gim langsung 21-8, 21-12 yang digelar di Singapore Indoor Stadium, Kamis.

Mengenai jalannya pertandingan, Fajar/Rian yang turun sebagai unggulan ketujuh mengatakan kunci kemenangan mereka adalah kesabaran untuk meraih poin demi poin.

“Kami bermain lebih sabar, belajar dari pertemuan awal-awal dengan mereka yang mempunyai pola serangan balik. Jadi kami tidak terburu-buru mematikan, mengolah bola terlebih dahulu,” kata Fajar, dikutip dari keterangan singkat PP PBSI.

“Di gim kedua lawan mulai lebih percaya diri, mereka juga sudah tampil tanpa beban jadi lebih keluar permainannya. Tapi kami sudah siap dengan itu,” ujar Rian menambahkan.

Baca juga: Fajar/Rian akui kurang bisa manfaatkan keunggulan saat poin kritis

Meskipun mereka harus berlaga di larut malam, juara bertahan All England Open itu mengatakan tidak ingin kehilangan fokus di setiap pertandingan dan turnamen yang mereka lakoni.

“Memang tidak menyenangkan bermain di larut malam seperti ini tapi sudah jadi jadwal dari turnamen. Saya menyiasatinya dengan banyak aktivitas untuk menunggu, karena kalau diam saja pasti ada rasa tidak nyaman,” kata Rian.

Dengan ini, maka Fajar/Rian akan bertemu dengan pasangan unggulan ketiga China Liang Wei Keng/Wang Chang pada babak delapan besar, Jumat (31/5).

“Besok lawan Liang (Wei Keng)/Wang (Chang) lagi. Kami tidak pernah menang dalam empat pertemuan terakhir walau bisa bermain rubber game,” kata Fajar.

“Kami mau pelajari kekalahan terakhir lewat video. Ini jadi bagian simulasi juga menjelang Olimpiade nanti,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Ricky terkejut Fajar/Rian kalah lawan ganda Thailand

Adapun Liang/Wang melaju ke partai perempat final setelah menang atas ganda putra Indonesia Sabar Karyaman Gutama/Mohammad Reza Pahlevi Isfahani di babak 16 besar hari ini.

Liang/Wang menang atas Sabar/Reza melalui rubber game dengan skor 18-21, 21-11, 21-12.

Di sisi lain, dari delapan wakil Indonesia yang bertanding pada hari ini, tempat di babak perempat final hanya mampu diamankan oleh ganda putri unggulan kedelapan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung.

Adapun Apri/Fadia langsung melangkah ke babak delapan besar setelah wakil Ukraina Polina Suhrova/Yevheniia Kantemyr memutuskan untuk mundur dari turnamen.

Sementara, Gregoria menang atas wakil Taiwan Pai Yu Po pada babak 16 besar melalui dua gim langsung 21-10, 21-16.

Baca juga: Gregoria makin percaya diri melangkah ke 8 besar Singapore Open
Baca juga: Ginting ingin perbaiki dan mantapkan performa jelang Olimpiade Paris
Baca juga: Dejan/Gloria bertekad bangkit lebih kuat di Indonesia Open 2024


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024