Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Perkumpulan Penyelenggara Pendidikan Anak Usia Dini (PP-PAUD) Nani Suhajar Diantoro meminta peran aktif Dewan Pimpinan Daerah dan Dewan Pimpinan Cabang PP-PAUD se-Indonesia untuk menyukseskan kegiatan organisasi itu ke depan.

Menurut Nani di Jakarta, Jumat, kegiatan PP-PAUD merupakan hal yang sangat dibutuhkan bagi anak-anak Indonesia dalam rangka mewujudkan generasi emas yang kuat dan cerdas.

Ia pun mendorong setiap daerah agar mendirikan PP-PAUD yang didukung penuh para kepala daerah.

"Bagi daerah yang belum mempunyai PP-PAUD, itu benar-benar kita usahakan, jangan takut dengan biaya atau anggaran, kepala daerah sebagai pendamping kita," kata Nani dalam keterangannya.

Nani menambahkan PP-PAUD telah merumuskan visi "Membina anak usia dini untuk membentuk watak bangsa agar menjadi manusia Indonesia yang berakhlak mulia, dinamis, aktif, kreatif, dan produktif."

Baca juga: Banyuwangi alokasikan Rp7,2 miliar insentif guru PAUD

Visi itu diharapkan dapat membentuk anak Indonesia yang berkualitas dan berakhlak mulia.

"Akhlak mulia itu paling penting, di mana pun dia berada kalau akhlak mulianya bagus maka pergaulannya juga cukup bagus," ujarnya.

Nani memaparkan bahwa PP-PAUD telah bekerja keras untuk mewujudkan generasi emas tahun 2045. Hal ini dilakukan dengan menerjemahkan visi PP-PAUD tersebut melalui sejumlah strategi dan program unggulan pendidikan yang sejalan dengan Kurikulum Merdeka.

"Mari kita laksanakan kegiatan ini sampai selesai, sangat penting visi ini kita pegang, visi PP-PAUD untuk peran dalam pendidikan anak usia dini untuk terus bergulir dengan diberlakukannya Kurikulum Merdeka sebagai kurikulum nasional yang diberlakukan secara nasional," jelas Nani.

Selain itu, dia juga bercerita soal Hari Ulang Tahun Ke-67 PP-PAUD yang belum lama ini diperingati. Acara peringatan HUT itu diisi berbagai kegiatan positif, seperti lomba guru bercerita hingga memberikan penghargaan kepada organisasi yang telah berperan dalam menyediakan lembaga PAUD percontohan.

Nani berharap dengan usia yang telah menginjak 67 tahun, PP-PAUD mampu menjadi organisasi yang matang serta memiliki pandangan dan arah yang baik untuk mengembangkan pendidikan anak usia dini di Indonesia.

Menurut dia, pendidikan anak usia dini ditujukan bagi anak sejak lahir hingga berusia 6 tahun agar memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan ke jenjang selanjutnya.

Baca juga: Wakil Ketua MPR: Kualitas lingkungan belajar PAUD harus meningkat
Baca juga: Direktur PAUD ajak seluruh PAUD bentuk TPPK sebelum Agustus 2024

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024