Jakarta (ANTARA) - Presiden Kelima RI sekaligus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri akan menghadiri Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada Sabtu (1/6) besok di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Berdasarkan siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Jumat, Megawati tiba di Kabupaten Ende pada hari ini sekitar pukul 13.50 WITA.

Putri Bung Karno ini terlihat disambut meriah oleh masyarakat Kabupaten Ende. Sejumlah anak sekolah dari SMA Katolik Santo Petrus pun berteriak histeris menyambut kehadiran Megawati di bandara.

Tarian selamat datang Toja Pala dari anak-anak turut menyambut kehadiran Megawati. Kemudian, dia dikalungi selendang khas Ende oleh Penjabat Bupati Ende Agustinus G Ngasu.

Setelah prosesi penyambutan, Megawati bersama rombongan pun akan menuju ke Rumah Pengasingan Bung Karno di Jalan Perwira, Kabupaten Ende.

Saat keluar Bandara H. Hasan Aroeboesman untuk menuju lokasi selanjutnya, Megawati sempat dihadang oleh masyarakat Ende yang telah menunggu di pintu keluar. Mereka berebut untuk bersalaman dengan Putri Bung Karno itu.

“Ibu Mega, Ibu Mega,” teriak para Ibu-ibu.

Megawati yang berada di dalam mobil pun membuka kacanya dan menjulurkan tangannya untuk bersalaman dengan masyarakat.

Setelah itu, Megawati bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju Rumah Pengasingan Bung Karno.

Diketahui, Ende lekat dengan julukan ‘Kota Pancasila’ karena merupakan tempat pengasingan Bung Karno selama empat tahun di era pemerintahan kolonial, yang kemudian menginspirasi lahirnya butir-butir Pancasila.

Baca juga: Presiden RI dijadwalkan hadiri upacara Hari Lahir Pancasila di Dumai
Baca juga: BPIP RI gelar Kirab Pancasila sebagai pengingat bagi anak bangsa

 

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024