London, (ANTARA/PRNewswire)- Produsen OLED fleksibel dari Tiongkok telah meningkatkan teknologinya dengan cepat dan memperbanyak pengirimannya sehingga sangat mengancam dominasi Samsung Display. Pada paruh pertama tahun 2024, pengiriman OLED layar lipat di Tiongkok diperkirakan mencapai 6,4 juta unit, melampaui 5,7 juta unit Samsung Display di Korea Selatan. Menurut Smartphone Display Intelligence Service Omdia, OLED lipat buatan Tiongkok diperkirakan akan menyumbang 53% dari total pangsa pengiriman OLED lipat selama periode ini.

Samsung Display dan Samsung Galaxy Fold selama ini diakui sebagai pelopor di pasar ponsel pintar lipat dan terdepan dalam hal kesiapan teknologi dan preferensi konsumen. Namun merek asal Tiongkok seperti Huawei, Honor, Oppo, Vivo, Xiaomi, Transsion, ZTE, dan Lenovo MOTO cepat mengejar ketinggalan dengan meluncurkan produk lipat yang baru dan canggih. Perkembangan ini sangat bermanfaat bagi produsen OLED fleksibel asal Tiongkok untuk semakin meningkatkan posisi mereka di pasar.

Produsen OLED lipat asal Tiongkok mencapai kemajuan signifikan dalam mengembangkan teknologi layar OLED lipat seperti LTPO (Low Temperature Polysilicon Oxide), Touch on Thin Film Encapsulation, COE (Color Filter on Encapsulation), kecepatan refresh variabel 120Hz, kecerahan puncak, layar lipat kaca ultra tipis, dan mengurangi garis lipatan. Inovasi ini menghasilkan  kesuksesan desain model ponsel lipat baru dari merek ponsel cerdas dan OEM Tiongkok seperti Huawei, Honor, Lenovo MOTO, Oppo, Vivo, Xiaomi, Transsion, dan ZTE, sementara Samsung Galaxy Fold terutama menggabungkan teknologi lipat terbaru dari Samsung Display. Selagi merek dan OEM Tiongkok meningkatkan pengiriman perangkat ponsel pintar lipat mereka, demikian pula halnya dengan pengiriman dari produsen OLED Tiongkok.

"Samsung Display telah lama menjadi pemimpin pasar dalam hal teknologi layar lipat yang mendorong pengembangan dan mempertahankan tingkat hasil produksi yang tinggi. Namun sejak tahun 2023, produsen OLED Tiongkok semakin meningkatkan pangsa pengirimannya. Produksi Gen6 fleksibel asal Tiongkok seperti B11 dari BOE, T4 dari ChinaStar, V2 dan V3 dari Visionox meningkatkan produksi layar lipat, sehingga meraup tingkat hasil yang lebih besar dan basis pelanggan yang kian bertambah," kata David Hsieh, Senior Research Director di Display Omdia.

"Pasar layar ponsel lipat pintar mengalami pertumbuhan luar biasa hingga 10,7 juta unit pada tahun 2021; 16,6 juta unit pada tahun 2022; dan 21,8 juta unit pada tahun 2023. Dan kami perkirakan, pasar ini akan mencapai 30 juta unit pada tahun 2024. Strategi produsen OLED Tiongkok dan upaya ekspansi merek ponsel pintar Tiongkok diharapkan menjadi pendorong utama bagi lintasan pertumbuhan ini," kata Hsieh.

TENTANG OMDIA

Omdia adalah bagian dari Informa Tech dan merupakan kelompok penelitian dan penasihat teknologi. Pengetahuan kami yang mendalam tentang pasar teknologi beserta wawasan kami yang dapat ditindaklanjuti memampukan berbagai perusahaan membuat keputusan yang cerdas tentang pertumbuhan.

Fasiha Khan: Fasiha.khan@omdia.com

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024