Jakarta (ANTARA News) - Film "Killers" besutan sutradara Mo Brothers -Timo Tjahjanto dan Kimo Stamboel tayang perdana di Festival Film Sundance pada 20 Januari mendatang.

Kimo berharap film ini tidak hanya menyuguhkan hiburan semata, tetapi juga memberikan kesempatan bagi sineas Indonesia lain untuk mengembangkan sayap ke kancah internasional termasuk dengan bekerjasama dengan negara lain. Dengan cara tersebut, dia mengatakan sineas dapat terpacu membuat film dengan kualitas yang lebih baik.

"Dengan co-production dengan negara lain, kita bisa bikin film yang kualitasnya lebih baik karena targetnya untuk internasional," ujar Kimo di Jakarta, Rabu.

Dia menambahkan, kesempatan seperti itu juga dapat dimanfaatkan sebagai pembuktian bahwa sineas Indonesia mampu membuat film yang bertaraf internasional.

Daniel Mananta yang terlibat sebagai produser eksekutif mengaku bangga dengan pencapaian film "Killers" yang menjadi bagian dari festival film internasional.

Prestasi itu disebutnya sebagai bukti bahwa film yang akan tayang di beberapa negara termasuk Jepang, Prancis, Jerman, Inggris, Turki, Hong Kong, Singapura, dan Thailand itu layak ditonton.

Tidak hanya itu, dia juga menyebut bahwa "Killers" juga diundang untuk tayang di festival film Cannes. Sayangnya, tawaran tersebut terpaksa hangus karena kendala waktu.

"Saat itu filmnya belum selesai, jadi kalau menilik dari jadwal sepertinya tidak memungkinkan," jelas Daniel.

"Saya harap film Indonesia bisa maju ke level berikutnya," imbuhnya.

Film kolaborasi Indonesia dengan Jepang yang berlatar belakang Jakarta dan Tokyo itu dibintangi aktor dan aktris dari kedua negara, seperti Oka Antara, Kazuki Kitamura, Luna Maya, Rin Takahashi, dan Ray

"Killers" berkisah tentang Nomura (Kazuki Kitamura), eksekutif muda sukses di Jepang yang juga pembunuh kejam. Dia merekam pembunuhan yang dilakukannya, lalu mengunggah video tersebut ke dunia maya. Bayu (Oka Antara), jurnalis di Jakarta yang sedang menghadapi banyak masalah mulai menemukan sisi gelap dirinya setelah melihat video Nomura.

Selain "Killers", ada beberapa film Indonesia lain yang telah ditayangkan di Festival Film Sundance seperti "What They Don't Talk About When They Talk About Love" besutan Mouly Surya dan "The Raid" karya Gareth Evans. Sekuel "The Raid 2: Berandal" juga akan ditayangkan di festival film tahunan di Utah, Amerika Serikat sehari setelah "Killers".



Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014