Jakarta (ANTARA) - Tim nasional voli pantai putra dan putri Indonesia berpotensi menyegel tiket menuju Olimpiade Paris 2024.

Peluang tersebut terbuka usai tim voli pantai putra Indonesia Bintang Akbar/Sofyan Rachman Efendi menjadi juara di Volleyball World Beach Pro Tour 2024. Sedangkan tim putri yang diwakili Desi Ratnasari/Nur Atika Sari melesat ke semifinal Volleyball World Beach Pro Tour 2024. Keduanya masih akan melanjutkan perjuangan di semifinal AVC Beach Volleyball Continental Cup di Ningbo, 16-18 Juni mendatang.

“Kami bersyukur masih ada voli pantai yang berpotensi menambah skuad tim Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Mudah-mudahan peluang ini masih bisa terjaga dan kami akan kawal ketat supaya kali ini voli pantai bisa lolos. Apalagi ketua umumnya akan mendampingi langsung nanti di China, semoga bisa memberikan dukungan dan semangat buat atlet tampil maksimal nanti,” kata Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari dikutip dari keterangan resmi KOI, Jumat.

Terdapat 24 tiket yang diperebutkan dari cabang olahraga voli pantai untuk bisa lolos ke Paris 2024 dengan ketentuan setiap negara maksimal hanya bisa mengirimkan masing-masing dua pasang dari tim putra dan putri.

Berdasarkan sistem kualifikasi Olimpiade, ada empat cara yang bisa dilalui yakni pertama, tiket Paris 2024 diberikan kepada negara tuan rumah, Prancis. Kedua, pemenang FIVB Beach Volleyball World Championship 2023 otomatis telah mengamankan satu tiket lainnya.

Ketiga, urutan 17 teratas dunia dalam Olympic Ranking yang terhitung mulai 1 Januari 2023 sampai 9 Juni 2024 akan mendapatkan tiket. Keempat, tiket Olimpiade Paris 2024 diperoleh negara pemenang dari kualifikasi Olimpiade kontinental yang mewakili lima konfederasi (AVC, CAVB, CEV, NORCECA, CSV) baik di nomor putra maupun putri.

Baca juga: Voli pantai Indonesia cetak sejarah di Volleyball World Beach Pro Tour

Untuk menyegel tiket ke Olimpiade, tim putra harus mengikuti turnamen dan jadi juara di putaran final AVC Beach Volleyball Continental Cup 2024 yang berlangsung di Ningbo, China, 21-23 Juni. Sementara tim putri saat ini ada di peringkat keempat dan akan tampil di semifinal Continental Cup 16-18 Juni.

"Kami masih terus berjuang dengan harapan bisa menang dan lolos ke Olimpiade Paris 2024,” ujar Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PB PBVSI) Imam Sudjarwo.

“Semua yang turun ini pemain muda tapi potensial untuk lolos ke Olimpiade. Kami dari PB PBVSI akan mendukung penuh untuk mengawal tim putra dan putri kita di Continental Cup. Saya bersama manajer tim juga akan hadir langsung di China nanti. Kami juga mohon doa restu dari masyarakat Indonesia untuk tim voli pantai Indonesia bisa juara dan lolos ke Olimpiade,” imbuhnya.

Jika berhasil mengamankan tiket Olimpiade, maka akan mengakhiri penantian 28 tahun tim voli pantai Indonesia tampil di Olimpiade usai terakhir kali tim voli pantai Indonesia lolos pada Olimpiade di Atlanta 1996. Kala itu, tim voli pantai putra diwakili Mohamed Nurmufid/Markoji dan tim putri diwakili Timy Yudhani Wahayu/Eta Kaize.

Baca juga: PBVSI beri hadiah apresiasi untuk tim voli pantai Indonesia
Baca juga: Panjat tebing dan voli pantai kualifikasi Olimpiade, Menpora: Fokus

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024