Ini lah buah dari pada hubungan baik antara Indonesia dan (Arab) Saudi, maka lahir lah Mecca Route
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan layanan Fast Track Mecca Route" atau jalur cepat rute ke Makkah bagi jamaah haji yang diberikan Pemerintah Arab Saudi merupakan buah kerja sama baik antara Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi yang telah dibangun selama ini.

"Ini lah buah dari pada hubungan baik antara Indonesia dan (Arab) Saudi, maka lahir lah Mecca Route," ucap Wapres memberikan keterangan pers usai meninjau layanan fast track di Bandara Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah (Jateng), Jumat.

Wapres pun sempat berinteraksi dengan para calon jamaah haji yang sedang berada di pesawat Garuda GA-6170 dan akan lepas landas pukul 11.20 WIB menuju Makkah. Saat berdialog dengan para jamaah, Wapres menuturkan bahwa jamaah haji Indonesia mendapatkan pelayanan istimewa dari Pemerintah Arab Saudi.

"Dulu, pemeriksaan dilakukan di Jeddah dan memakan waktu sekitar lima jam. Sekarang dengan adanya fasilitas fast track, pemeriksaan dilakukan di Indonesia hanya dalam waktu sebentar. Alhamdulillah, nanti setibanya di Jeddah, ibu-ibu dan bapak-bapak tidak perlu lagi menjalani pemeriksaan," ujar Wapres.

Baca juga: Wapres harap layanan "fast track" jamaah haji Indonesia diperluas

Menurutnya, Indonesia diberi keistimewaan dengan tiga lokasi embarkasi fast track yakni di Jakarta, Surabaya, dan Solo. Selain itu keberadaan pejabat tinggi Arab Saudi di Solo saat ini, termasuk kepala imigrasi, menunjukkan dukungan penuh dari Arab Saudi terhadap fasilitas tersebut.

"Para jamaah haji merasa sangat senang sekali, sangat gembira sekali, karena mereka bisa diperiksa di negara sendiri dan dengan cara yang mudah dengan cara yang tidak melelahkan," ucap Wapres.

Ia pun mengharapkan layanan fast track tersebut dapat diperluas ke lebih banyak bandara di Indonesia pada tahun mendatang.

"Oleh karena itu persahabatan ini terus dibangun, kita harapkan juga Mecca Route ini tidak hanya di tiga embarkasi, tetapi juga nanti ditambah dan banyak lagi hubungan-hubungan yang akan kita terus bangun dalam rangka lebih mempererat lagi hubungan antara Indonesia dan (Arab) Saudi," kata Wapres.

Baca juga: Wapres lepas calon haji Kloter 70 di Bandara Adi Soemarmo Boyolali

Selain itu, kata Wapres, pada tahun 2024 ini jamaah haji Indonesia juga mendapatkan tambahan kuota sebanyak 20.000 orang sebagai bentuk apresiasi dari Pemerintah Arab Saudi.

"Alhamdulillah, ini adalah satu kemudahan yang diberikan Pemerintah (Arab) Saudi. Selamat menunaikan ibadah haji, semoga menjadi haji yang mabrur," ucap Wapres Ma'ruf Amin.

Sebelum turun dari pesawat, Wapres pun sempat membimbing para jamaah untuk membaca doa talbiyah, sekaligus mendoakan keselamatan mereka selama melaksanakan ibadah haji hingga tiba kembali di Tanah Air.

Baca juga: Wapres penuhi undangan makan malam Dubes Arab Saudi untuk RI di Solo

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024