Jakarta (ANTARA) - Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menyegel tiket semifinal Singapore Open 2024 usai mengatasi perlawanan ganda China Liang Wei Keng/Wang Chang 21-19, 21-9 pada pertandingan perempat final di Singapore Indoor Stadium, Jumat.

Fajar/Rian memulai gim pertama dengan posisi tertekan meski perlahan mampu membalikkan keadaan untuk unggul 5-3 atas Liang/Wang. Meski terus kejar mengejar poin namun Fajar/Rian mampu menjaga keunggulan hingga interval gim pertama dengan selisih tiga angka 11-8.

Usai interval, Fajar/Rian kehilangan tempo permainan sehingga skor sempat imbang 15-15. Pertarungan sengit terus terjadi hingga akhir gim pertama hingga kedudukan menjadi 19-17 untuk keunggulan Fajar/Rian. Dalam posisi unggul, Fajar/Rian mengamankan gim pembuka dengan kemenangan 21-19.

Di gim kedua, Fajar/Rian langsung tampil menekan sejak awal dengan mengamankan empat poin berturut-turut, 6-2. Keunggulan tersebut kian lebar usai pasangan nomor tujuh dunia tersebut menutup interval gim dengan kedudukan 11-5.

Usai interval, Fajar/Rian bermain lebih mendominasi dengan tidak membiarkan Liang/Wang mengembangkan permainan. Fajar/Rian mengunci gim kedua dengan kemenangan telak 21-9.

"Kami melakukan kontrol pada permainan kami hari ini. Belajar dari kesalahan-kesalahan sebelumnya, saat sudah unggul kami malah terlalu menggebu-gebu akhirnya menjadi bumerang dan terkejar," ujar Fajar seusai pertandingan.

Selain mengamankan tiket semifinal, kemenangan tersebut  juga menjadi catatan positif untuk Fajar/Rian saat bersua Liang/Wang. Kemenangan Fajar/Rian memutus catatan negatif yang kalah dalam empat pertandingan terakhir dari Liang/Wang.

Baca juga: Apriyani/Fadia tersingkir di perempat final Singapore Open 2024

"Bersyukur bisa kembali ke semifinal dan memang beberapa kali dari awal tahun selalu bertemu mereka. Pasti jadinya sudah sama-sama tahu. Hari ini kami sudah lebih siap dengan apa yang mau kami mainkan," kata Rian.

Di babak semifinal, Fajar/Rian akan bersua ganda Denmark Kim Astrup/Anders Rasmussen yang sedang dalam catatan apik usai menyegel gelar Malaysia Masters 2024.

"Perjalanan masih panjang, masih ada partai semifinal besok. Tidak boleh terlalu puas, jaga kondisi agar sehat selalu dan tetap focus," ujar Fajar.

"Berhadapan dengan Kim/Anders di semifinal. Mereka pemain yang berpengalaman, baru juara di Malaysia Masters minggu lalu. Percaya dirinya pasti sedang meningkat. Kami tidak mau kalah, kami akan menyiapkan strategi terbaik," imbuhnya.

Baca juga: Bagas/Fikri akui tak bisa keluar dari tekanan saat hadapi Kang/Seo
Baca juga: Gregoria makin percaya diri melangkah ke 8 besar Singapore Open

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024