Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di YouTube menarasikan Persatuan Sepakbola seluruh Indonesia (PSSI) mempersiapkan 150 pemain naturalisasi demi Piala Dunia 2026 mendatang.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“GAWAT PSSI Siapkan 150 Pemain Naturalisasi, Demi Piala Dunia 2026..??”

Namun, benarkah PSSI naturalisasi 150 pemain demi Piala Dunia 2026?

 

Unggahan video yang menarasikan PSSI naturalisasi 150 pemain demi Piala Dunia 2026. Faktanya, rick Thohir menilai hoaks yang beredar di media sosial yang menyebut PSSI bakal menaturalisasi 150 pemain asing adalah upaya fitnah yang tidak masuk akal. (YouTube)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran ANTARA, unggahan foto tersebut serupa dengan laman ANTARA yang diberi keterangan Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kedua kiri) bersama Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali (kiri) berfoto dengan pemain naturalisasi Timnas sepak bola Indonesia Rafael William Struick (kedua kanan) dan Ivar Jenner (kanan) saat jumpa pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (24/5/2023).

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menilai hoaks yang beredar di media sosial yang menyebut PSSI bakal menaturalisasi 150 pemain asing adalah upaya fitnah yang tidak masuk akal.

"Satu hal yang jelas, unggahan soal 150 pemain dinaturalisasi adalah sebuah berita bohong, fitnah yang tidak masuk akal. Hal yang patut disayangkan adalah pihak yang tak bertanggung jawab sengaja menyebar kabar bohong yang bernada provokatif itu jelas-jelas memiliki niat tak baik," ujar Erick.

Erick menyesalkan pihak yang sengaja menyebar hoaks tersebut karena sejatinya naturalisasi yang dilakukan PSSI adalah terkait pemain yang memiliki darah keturunan Indonesia dan jumlah pemain dengan kriteria seperti itu pun sangat terbatas.

Klaim: PSSI naturalisasi 150 pemain demi Piala Dunia 2026

Rating: Hoaks

Cek fakta: Indonesia melawan Portugal pada September 2024 di GBK, benarkah?

Cek fakta: Hoaks! Tim sepak bola Uzbekistan didiskualifikasi usai terciduk suap wasit

Baca juga: Yance Sayuri cedera di tengah latihan fisik bersama timnas Indonesia

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024