Denpasar (ANTARA) -
Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak selaku Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI) membuka secara resmi kejuaraan judo se-Asia Tenggara di GOR Yudomo, Kota Denpasar, Bali, Jumat.
 
Kejuaraan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut diikuti 345 atlet dari berbagai negara di Asia Tenggara, di antaranya Indonesia sebagai tuan rumah, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam.
 
Pada kejuaraan itu, tim Indonesia diwakili dari atlet pelatnas dan atlet dari beberapa pengurus provinsi PJSI, antara lain Bali, Banten, DIY, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Lampung, Papua Barat, Sulawesi Tenggara, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.
 
"Saat ini, kita menyaksikan integrasi atlet dari berbagai latar belakang, budaya, dan negara. Kejuaraan ini bukan sekadar kompetisi, namun dapat juga dijadikan sebagai perayaan persatuan, persahabatan, dan saling menghormati. Pertemuan kami di Bali melambangkan visi bersama untuk mempromosikan perdamaian dan toleransi melalui bahasa universal olahraga," katanya.
 
Jenderal Maruli menjelaskan kejuaraan ini mewakili puncak kerja keras, disiplin, dan dedikasi para atlet selama bertahun-tahun. Masing-masing atlet mewujudkan semangat sejati Judo.

Cabang olahraga ini, katanya, merupakan sebuah olahraga yang tidak hanya mengajarkan keunggulan fisik, tetapi juga nilai-nilai rasa hormat, kerendahan hati, dan ketekunan.
 
"Saya memuji upaya tanpa henti dan semangat kalian dalam mengejar keunggulan. Saya juga ingin mengapresiasi kontribusi tak ternilai dari para pelatih dan ofisial kami. Bimbingan keahlian dan dukungan Anda yang tak tergoyahkan telah membentuk para atlet kami menjadi juara seperti sekarang ini," ujar Jenderal Maruli.
 
Ketua Umum PB PJSI periode 2021-2026 tersebut berharap para atlet dapat mengeluarkan kemampuan terbaiknya dan menciptakan kenangan yang akan bertahan seumur hidup.
Jenderal Maruli juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para tamu undangan yang hadir atas dukungan yang tiada henti dan menjadi bagian dari peristiwa bersejarah ini.
 
"Mari kita ingat bahwa setiap pertandingan, setiap bantingan, dan setiap kemenangan adalah langkah menuju persatuan dalam arti yang lebih besar. Mari kita jadikan Indika Energy Southeast Asia Judo Championships 2024 sebagai contoh cemerlang tentang apa yang bisa kita capai melalui kerja sama, persahabatan, dan semangat abadi judo," kata Jenderal Maruli.
 
Usai memberikan sambutan, KSAD Maruli didampingi para pejabat yang hadir melaksanakan pemukulan gong yang menandai dibukanya kejuaraan judo se-Asia Tenggara tersebut. Pada hari pertama kejuaraan, KSAD juga berkesempatan untuk menyerahkan medali bagi pemenang didampingi Ketua Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari.
 
Kejuaraan bertajuk "Indika Energy Southeast Asia Judo Championships 2024" ini sebelumnya digelar di Malaysia. Tahun ini, Indonesia menjadi tuan rumah.

Maruli Simanjuntak mengaku memilih Bali sebagai tempat pelaksanaan kegiatan Indika Energy Southeast Asia Judo Championships 2024 sebagai bentuk dukungan dan promosi pariwisata Bali ke dunia internasional.

Baca juga: Dua judoka Indonesia jalani TC untuk tanding di GS Tbilisi 2024
Baca juga: Pejudo Maryam Maharani semakin dekat untuk tampil di Olimpiade Paris

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024