"Karena Pancasila adalah ideologi dari negara kita, dan falsafah hidup bangsa kita,"
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) Bidang Yudisial Sunarto mengatakan bahwa Pancasila akan selalu ada relevansi sepanjang zaman.

"Karena Pancasila adalah ideologi dari negara kita, dan falsafah hidup bangsa kita," kata Sunarto ditemui usai menghadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila di Gedung MA, Jakarta, Sabtu.

Ia juga mengatakan bahwa Pancasila akan selalu relevan karena nilainya mengikat setiap warga negara. Oleh sebab itu, ia menyebut pelestarian nilai-nilai Pancasila harus dapat dilestarikan secara bersama-sama.

"Dan salah satu momentumnya adalah dengan mengadakan upacara memperingati lahirnya Pancasila itu," jelasnya.

Sementara itu, ia menjelaskan bahwa tema Peringatan Hari Lahir Pancasila yang berbeda-beda merupakan hal yang wajar karena mengikuti situasi dan kondisi zaman.

"Akan tetapi, nilai-nilai Pancasila dalam sejarah, mulai sejak ditemukan oleh Bung Karno sampai saat ini masih sangat relevan dengan kehidupan berbangsa, bermasyarakat, dan bernegara di Indonesia," katanya.

MA memperingati Hari Lahir Pancasila pada 2024 dengan mengadakan upacara yang dimulai pukul 07.55 WIB hingga 08.15 WIB.

Upacara tersebut juga diadakan dengan memperhatikan Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2024 Tentang Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024.

Adapun tema Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 adalah "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045."

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024