Jakarta (ANTARA) - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) melakukan uji coba empat rute Mikrotrans yang beroperasi 24 jam termasuk melayani kebutuhan angkutan umum di malam hari mulai Jumat ( 31/5).
 
Uji coba layanan Mikrotrans ini dihadiri oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo dan Direktur Utama TransJakarta Welfizon Yuza.
 
"Di tengah perubahan Jakarta yang tidak lagi menjadi ibu kota, maka Jakarta dituntut untuk terus melakukan improvisasi dan inovasi untuk memenuhi ekspektasi masyarakat terhadap kualitas dan kuantitas layanan di sektor transportasi publik," kata Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jakarta, Sabtu.
 
Syafrin menyebutkan, layanan Mikrotrans untuk angkutan malam hari (AMARI) ini untuk mengisi kekosongan layanan yang selama ini dibutuhkan oleh masyarakat khususnya warga yang beraktivitas pada malam hari ke pusat-pusat kegiatan.
 
"TransJakarta melihat dan mendengar adanya kebutuhan masyarakat akan layanan Mikrotrans AMARI sebagai 'first mile' dan 'last mile' guna menghubungkan masyarakat ke koridor-koridor utama," ujar Syafrin.

Baca juga: Operasi Transjakarta akan 24 jam
 
Adapun empat rute Mikrotrans AMARI yang akan dilakukan uji coba selama tiga bulan, yakni:
 
- JAK 52 (Kalideres-Muara Angke) sebanyak 10 unit terkoneksi dengan koridor 3 di Terminal Kalideres
- JAK 47 (Pasar Minggu-Ciganjur) sebanyak 9 unit terkoneksi dengan koridor 6 di Halte Jati Barat
- JAK 75 (Cililitan-Kp. Pulo) sebanyak 9 unit terkoneksi dengan koridor 7 dan koridor 10 di Halte Cililitan
- JAK 36 (Cilangkap-Cililitan) sebanyak 8 unit yang juga terkoneksi dengan koridor 7 dan koridor 10 di Halte Cililitan
 
Baca juga: Transjakarta: keberadaan angkutan malam bermanfaat bagi warga

Direktur Utama TransJakarta Welfizon Yuza menjelaskan bahwa pemilihan keempat rute uji coba Mikrotrans AMARI ini didasari pada pertimbangan "point of interest".
 
"Yang pertama jalur ini melewati pusat kegiatan seperti pasar, fasilitas kesehatan dan kantor polisi terdekat. Kemudian dilihat dari performa rute, aspek layanan dan aspek keselamatan," katanya.

Selain itu keempat rute ini terkoneksi dengan rute BRT utama.
 
Welfizon berharap, dengan layanan Mikrotrans AMARI dapat mendukung budaya bertransportasi publik masyarakat yang beraktivitas pada malam hari yang aman dan nyaman. Hal itu karena ketersediaan layanan transportasi publik yang baik merupakan salah satu parameter dari kota global.

Baca juga: Transjakarta tambah empat koridor layanan "Amari"
 
Rute Kalideres-Muara Angke (JAK52) akan melalui Pasar Muara Angke, Pasar Muara Karang hingga Pasar Ganefo. Kemudian RSUD Cengkareng, RS Ibu dan Anak Grand Family, lalu Mal Taman Palem, Mal Daan Mogot sampai Terminal Kalideres.
 
Kemudian rute Pasar Minggu-Ciganjur (JAK47) melayani Pasar Timbul Jagakarsa, Pasar Minggu, RS Marinir Cilandak, RSUD Jagakarsa, RSUD Pasar Minggu. Rute (JAK75) juga melalui Pasar Embrio dan pusat perbelanjaan, PGC.
 
Layanan Mikrotrans rute Cilangkap-Cililitan (JAK36) juga melayani Pasar Kramat Jati, RS Ridwan Meuraksa, RSU Adhyaksa, Tamini Square hingga Kramat Jati Indah Plaza.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024