Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), Tedros ​​​​​​ Ghebreyesus mengapresiasi kiprah kepemimpinan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin yang membawa hubungan erat bagi Indonesia dan WHO.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Indonesia, karena memberi kami sosok Budi Gunadi Sadikin. Beliau hebat, beliau luar biasa, dan kami bekerja sama erat dengannya, kami sangat bangga dengannya," kata Tedros melalui postingan Budi Gunadi Sadikin di akun Instagram Kementerian Kesehatan RI, di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Kemenkes butuh 5.500 tenaga kerja untuk empat RS baru pemerintah

Tedros mengapresiasi upaya Menkes Budi yang menitikberatkan strategi kesehatan pada upaya mencegah masyarakat jatuh sakit atau menjaga agar masyarakat tetap sehat melalui program promotif dan preventif di Indonesia.

Dalam obrolannya dengan Menkes Budi di sela agenda The Walk the Talk: Health for All Challenge dalam rangka World Health Assembly (AHA) Ke-77 di Jenewa, Swiss, Tedros menyampaikan sejumlah tips dalam mengelola hidup sehat bagi 280 juta penduduk Indonesia.

"Untuk tetap sehat, anda dapat menciptakan kesehatan mulai dari rumah dengan menjaga kesehatan di rumah. Apabila merasa ada permasalahan kesehatan, anda dapat pergi ke rumah sakit," katanya.

Masyarakat bisa memulainya dengan gaya hidup yang sehat, seperti berolahraga rutin, menghindari dan berhenti dari kebiasaan merokok, hingga menjaga asupan nutrisi bagi tubuh.

"Dari perilaku tersebut, anda bisa menjaga hidup sehat. Rumah sakit untuk memperbaiki, jadi sebelum anda sakit, jagalah kesehatan," kata Tedros.

Seperti diketahui, Menkes Budi hadir sebagai pembicara dalam Majelis Kesehatan Dunia (World Health Assembly/WHA) Ke-77 yang diadakan di Jenewa, Swiss, pada 27 Mei hingga 1 Juni 2024.

Baca juga: Menkes: Upaya promotif kesehatan penting guna ciptakan Indonesia Emas

Baca juga: Kemenkes optimalkan akurasi data stunting lewat pelatihan SDM


Dalam pernyataan, Budi berharap semakin banyak orang Indonesia dari kalangan pemerintahan maupun non-pemerintahan di Tanah Air yang aktif berkontribusi di berbagai institusi kesehatan dunia.

"Mudah-mudahan suatu hari nanti ada orang-orang Indonesia yang bisa memimpin organisasi kesehatan dunia seperti WHO," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024