Jakarta (ANTARA) - Juara Tour de France dua kali Jonas Vingegaard absen dari skuad balap sepeda Denmark untuk Olimpiade Paris 2024, yang dipresentasikan pada Sabtu.

Terdapat empat pembalap sepeda yang terpilih masuk skuad tersebut, yakni Mikkel Norsgaard Bjerg, Mads Pedersen, Mattias Skjelmose, dan Michael Morkov, demikian dikutip dari AFP.

Vingedaard yang merupakan pembalap sepeda tim Visma-Lease masuk rumah sakit setelah mengalami patah tulang rusuk dan tulang selangka, serta menderita kerusakan paru-paru saat mengalami tubrukan massal di Tour of The Basque Country pada 4 April.

Dalam video yang diunggah di X atau Twitter pada awal Mei, Vingegaard mengatakan telah kembali berlatih dan berharap dapat berada dalam kondisi yang baik untuk mempertahankan gelar juara Tour de France.

“Kami belum tahu pasti bagaimana kondisi dan bagaimana proses pemulihan ini akan berlangsung, namun saya akan melakukan semua yang saya mampu untuk bisa berada di sana,” tuturnya mengenai Tour de France yang akan berlangsung pada 29 Juni sampai 21 Juli.

Baca juga: Paru-paru Vingegaard rusak akibat kecelakaan di Basque Country

Sedangkan Olimpiade Paris dimulai beberapa hari kemudian, yakni pada 26 Juli.

Pada awal pekan ini, media Denmark mengutip pernyataan pelatih Vingegaard, Tim Heemskerk, yang mengatakan bahwa sang atlet telah melakukan perjalanan ke Tignes di Prancis untuk mulai melakukan latihan di dataran tinggi.

“Itu merupakan langkah baru untuk dia dan sekarang itu semua mulai terlihat seperti latihan normal,” ucap Heemskerk kepada harian BT.

Namun Heemskerk tidak menyebut apakah Vingegaard akan cukup bugar tepat waktu untuk bersaing di Tour de France.

Baca juga: Jonas Vingegaard menangi gelar Tour de France kedua secara beruntun
Baca juga: Odie Purnama dilarang ikut balap sepeda tiga tahun akibat doping


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024