Jakarta (ANTARA) - Real Madrid dipastikan menjadi juara Liga Champions 2023/24 setelah mengalahkan wakil Jerman Borussia Dortmund dengan skor 2-0 dalam partai final di Stadion Wembley, London pada Minggu dini hari WIB.
 
Dua gol kemenangan Madrid dicetak oleh Dani Carvajal dan Vinicius Junior di babak kedua, demikian yang dikutip dari laman resmi UEFA.
 
Kemenangan ini membuat Madrid mengklaim gelar juara Liga Champions ke-15 kali, dengan pelatih Carlo Ancelotti meraih gelar kelimanya tiga di antaranya bersama El Real.
 
Sementara Dortmund harus kembali menjadi runner-up seperti tahun 2013 setelah ditumbangkan Bayern Muenchen.

Baca juga: Pelatih Dortmund: kami bisa kalahkan siapa pun di laga final
 
Jalannya pertandingan
 
Dortmund lebih mendominasi jalannya permainan sejak kick-off dimulai, sedangkan Real Madrid menunggu kesempatan untuk melakukan serangan balik.
 
Laga sempat dihentikan sementara selepas kick-off akibat adanya dua penonton yang memasuki lapangan.
 
Laga kembali dilanjutkan, Dortmund memberikan ancaman pertama pada menit ke-13. Bola tembakan rendah Julian Brandt di kotak penalti masih melebar dari sasaran.
 
Peluang kembali didapat Dortmund delapan menit kemudian. Karim Adeyemi lolos dari jebakan offside dan melewati halauan Thibaut Courtois. Namun, bola yang dibawanya terlalu menyamping dan tembakannya bisa diblok Dani Carvajal.
 
Die Borussen nyaris mencetak gol pada menit ke-23. Niclas Fullkrug menyambar bola terobosan sebelum melepaskan tembakan langsung, tetapi bola masih membentur tiang dan memantul kembali ke area permainan.

Baca juga: Carlo Ancelotti waspadai pertahanan tangguh Borussia Dortmund
 
Peluang emas kembali diperoleh Dortmund lima menit sebelum turun minum. Bola tembakan jarak jauh Marcel Sabitzer dapat ditepis Courtois dan hanya membuahkan sepak pojok.
 
Belum ada gol tercipta hingga memasuki turun minum. Babak pertama berakhir imbang 0-0.
 
Real Madrid memulai babak kedua dengan baik, mereka mengancam pada menit ke-48 lewat tendangan bebas Toni Kroos. Sayangnya bola masih bisa ditepis kiper Gregor Kobel.
 
Madrid akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-73 berkat gol Dani Carvajal. Bek kanan tersebut menyundul bola hasil sepak pojok Toni Kroos. Real Madrid memimpin 1-0.
 
Los Blancos kemudian sukses menggandakan keunggulan mereka menjadi 2-0 pada menit ke-82. Kali ini Vinicius Junior yang sukses merobek jala Borussia Dortmund.
 
Jude Bellingham memberikan umpan terobosan kepada Vinicius yang kemudian dituntaskan penyerang asal Brasil tersebut.

Baca juga: Carlo Ancelotti: ini adalah tim terbaik yang pernah saya latih
 
Pada menit ke-86, Toni Kroos ditarik keluar oleh Ancelotti dan digantikan oleh Modric. Pergantian itu sekaligus menjadi perpisahan bagi Kroos yang telah memutuskan pensiun di akhir musim ini.
 
Dortmund sempat mencetak gol jelang akhir pertandingan, tetapi gol sundulan Fullkrug dianulir wasit karena sudah lebih dulu berada dalam posisi offside.
 
Madrid bisa menjaga keunggulan 2-0 hingga pertandingan berakhir. Tim ibu kota Spanyol itu berhak meraih gelar Liga Champions ke-15.
 
Susunan Pemain:
 
Borussia Dortmund (4-3-3): Gregor Kobel, Julian Ryerson, Mats Hummels, Nico Schlotterbeck, Iaan Maatsen, Marcel Sabitzer, Emre Can (Donyell Malen 80'), Jadon Sancho (Jamie Bynoe-Gittens 87'), Julian Brandt (Sebastien Haller 81'), Karim Adeyemi (Marco Reus 72'), Niclas Fullkrug.
 
Real Madrid (4-3-2-1): Thibaut Courtois, Ferland Mendy, Nacho, Antonio Rudiger, Dani Carvajal, Toni Kroos (Luka Modric 86'), Eduardo Camavinga, Federico Valverde, Jude Bellingham (Joselu 85'), Vinicius Junior (Lukas Vasquez 90+4'), Rodrygo (Eder Militao 90').

Baca juga: Real Madrid juara LaLiga 2023/24 setelah Barcelona kalah dari Girona
 

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024