Jakarta (ANTARA/JACX) – Beredar sebuah video pemain bola asal Portugal, Christiano Ronaldo, dengan terjemahan bahasa Indonesia di dalam videonya yang menyebutkan ikut menyuarakan dan memberikan dukungan terhadap anak-anak di Palestina.

Berikut transkrip dari terjemahan video tersebut:

“Halo. Ini untuk anak-anak di Gaza. Kami tahu kalian telah amat menderita. Saya adalah pemain yang sangat terkenal, tetapi kalianlah pahlawan yang sesungguhnya. Janganlah putus harapan. Sedunia membelamu. Kami semua memperhatikanmu. Saya beserta mu.”

Berikut narasi dalam video tersebut:

“Christiano Ronaldo Berdiri Bersama Palestina”

Namun, benarkah video Ronaldo memberikan dukungan untuk anak-anak di Palestina tersebut?

 

Unggahan video yang menarasikan Ronaldo memberikan dukungan untuk anak-anak di Palestina. Faktanya, suara dalam video tersebut tidak sesuai dengan aslinya atau editan. (Facebook)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, video tersebut serupa dengan unggahan Ronaldo di Facebook pada 2016 yang diberi keterangan “A message of hope to the children affected by the conflict in Syria. @SavetheChildren”.

Berikut transkrip terjemahan bahasa Indonesia yang benar dari video tersebut:

“Ini untuk anak-anak Suriah. Kami tahu bahwa anda telah banyak menderita. Saya adalah pemain yang sangat terkenal – tetapi anda adalah pahlawan sejati. Jangan kehilangan harapanmu. Dunia bersamamu. Kami peduli padamu. Saya bersama anda,”

Dilansir dari laman Save The Children, Ronaldo telah menjadi Duta Global Save the Children sejak 2013. Ronaldo mengatakan kepada anak-anak di Suriah bahwa perang memasuki tahun keenam dan mereka adalah "pahlawan sejati". Ronaldo telah memberikan sumbangan dengan memberikan bantuan pada anak-anak dan keluarga di Suriah.

Bintang sepak bola itu mendorong penggemarnya dan lebih dari 250 juta pengikut media sosial untuk bergabung dengannya dengan membagikan pesan harapan pada anak-anak Suriah di media sosial dengan menggunakan tagar #Syria.

Sehingga, video yang diklaim sebagai Ronaldo memberikan dukungan untuk anak-anak di Palestina merupakan keliru, suara tersebut merupakan hasil AI.

 


Cek fakta: Hoaks! Ronaldo dan Messi bela Indonesia atas kecurangan wasit

Cek fakta: Hoaks! Indonesia vs Portugal resmi digelar Juli 2023

Baca juga: Ronaldo: Saya tidak memburu rekor, rekorlah yang mengikuti saya

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024