Gorontalo (ANTARA News) - PT Puncak Emas Gorontalo, anak perusahaan PT J Resources Asia Pasifik Tbk. menyiapkan Rp2 triliun untuk menambang emas di Gunung Pani, Gorontalo, dengan menggandeng KUD Dharma Tani Marisa sebagai pemegang Kuasa Izin Penambangan.

"Dana sebesar itu akan diperoleh dari internal juga dari eksternal untuk menggarap lahan seluas 100 hektare," kata Direktur Utama PT Puncak Emas Gorontalo (PEG) Edi Permadi kepada pers di Gorontalo, Kamis.

Dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2013/2014 KUD Dharma Tani Marisa, di Pohuwato, Gorontalo, Rabu (8/1), seluruh anggota koperasi setuju kalau KUD menjalin kerja sama dengan PEG untuk bersama-sama menggali emas di gunung itu.

Edi mengatakan, dana sebesar Rp2 triliun itu akan digunakan untuk eksplorasi, studi kelayakan, analisisi mengenai dampak lingkungan, serta pembangunan "smelter". "Kalau dilihat dari seluruh proses yang harus dilakukan, pada 2016 baru bisa beroperasi secara optimal," kata Edi.

Perusahaan itu, katanya, sebenarnya juga sudah melakukan penambangan emas di sekitar Gunung Pani, yaitu di Bakan, Sulawesi Utara dan Seruyung, Kalimantan Utara.

Dengan sudah memiliki pengalaman penambangan emas di dua areal itu, pihaknya tidak ingin main-main dalam bisnisnya bersama KUD.

"Manfaat yang bisa diperoleh jika penambangan di Gunung Pani dilakukan adalah mempekerjakan penduduk setempat dan juga anggota KUD," katanya.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014