Beijing (ANTARA News) - Pemerintah China pada Kamis mengenakan denda 7,5 juta yuan atau sekitar 1,24 juta dolar AS karena memiliki tiga anak, melanggar kebijakan satu anak yang diterapkan negaranya.

Dalam sebuah pernyataan yang diunggah akun microblog pemerintah distrik Binhu di Wuxi, tempat asal istri Zhang, Chen Ting, otoritas keluarga berencana menyatakan mereka memberi Zhang waktu 30 hari untuk membayar denda itu.

Pihak berwenang mengatakan, perhitungan denda mereka dasarkan pada pendapatan gabungan Zhang dan Chen yang mencapai 3,6 juta yuan dalam tiga tahun ketika anak-anaknya lahir, demikian seperti dilansir kantor berita Reuters.

Badan keluarga berencana di kota bagian timur Wuxi bulan lalu menyatakan bahwa Zhang akan didenda tetapi tidak menyebutkan berapa banyak. Zhang kemudian mengajukan banding.

Laporan-laporan daring muncul tahun lalu bahwa Zhang, yang mempesona dunia dengan upacara Olimpiade Beijing tahun 2008, telah sedikitnya memiliki tujuh anak dan untuk itu bisa didenda 160 juta yuan (26,3 juta dolar AS), kata kantor berita Xinhua.

Laporan tersebut memicu perburuan terhadap Zhang. Badan tersebut mengatakan pada akhir November mereka tidak dapat menemukan Zhang.

Pada Desember, Zhang meminta maaf karena memiliki tiga anak dan mengatakan ia akan menerima hukuman apapun.

(Uu.H-AK)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014