Kita tidak hanya membantu meningkatkan pendapatan mereka, tetapi juga menjaga kelangsungan usaha
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto mengharapkan Pasar Rakyat Dusun Bunder, Desa Ampeldento, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur, mampu mendorong perputaran perekonomian masyarakat setempat.

Menurut dia, program yang digelar Pemerintah Desa Ampeldento itu diharapkan bisa memberikan manfaat ekonomi, khususnya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan warga.

"Mudah-mudahan, melalui keberadaan pusat perekonomian yang baru ini, ke depan akan membawa manfaat yang besar, utamanya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat desa setempat dan Kabupaten Malang pada umumnya," kata Didik saat menghadiri ajang tersebut pada Minggu.

Didik menjelaskan wilayah Kabupaten Malang memiliki potensi perekonomian yang dinamis dengan berbagai unit usaha skala mikro, kecil dan menengah. Selain itu, juga ada sektor makro seperti keberadaan pasar rakyat, termasuk berbagai industri barang dan jasa.

Menurutnya, keberadaan pasar rakyat merupakan bentuk semangat gotong royong dan kebersamaan dalam membangun perekonomian setempat, termasuk di wilayah pedesaan. Keberadaan pasar rakyat, juga memperkuat ketahanan pangan di tiap wilayah.

"Kita tidak hanya mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, tetapi juga memperkuat ketahanan pangan dari sektor hewani dan hayati yang sangat penting bagi kesejahteraan masyarakat," katanya.

Ia menambahkan, untuk mewujudkan ketahanan dan swasembada pangan, diperlukan kerja bersama dalam memanfaatkan potensi lokal yang ada, tidak terkecuali di wilayah Desa Ampeldento.

Di kawasan tersebut, memiliki kekayaan alam dan keanekaragaman hayati yang potensial, sehingga sumber daya tersebut harus dimanfaatkan secara bijaksana, agar dapat meningkatkan produksi pangan lokal yang berasal dari sektor peternakan maupun pertanian.

Dalam kesempatan itu, Didik juga mengajak seluruh masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Malang untuk memberikan dukungan kepada peternak dan petani lokal dengan cara membeli produk-produk yang dihasilkan.

"Kita tidak hanya membantu meningkatkan pendapatan mereka, tetapi juga menjaga kelangsungan usaha. Sebab, keberhasilan ketahanan pangan ini, tentunya tidak lepas dari peran serta masyarakat dalam menciptakan ekosistem ekonomi," katanya.

Ajang Pasar Rakyat Dusun Bunder, yang mengusung tema "Ketahanan Pangan Hewani dan Hayati Meraih Malang Makmur 2024" tersebut, menampilkan sejumlah produk buatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) masyarakat setempat, sayuran, hingga hewan ternak.

Menurut Wabup, Pemerintah Kabupaten Malang memberikan dukungan terhadap berbagai program yang bertujuan meningkatkan ketahanan pangan, dengan memberikan berbagai pelatihan, bantuan teknis serta akses permodalan untuk memberikan dorongan kepada sektor usaha terkait.

Baca juga: Pemkab Malang wujudkan ketahanan pangan dengan perkuat kerja sama
Baca juga: Bunga anggrek asal Malang tembus pasar Taiwan
Baca juga: Pemkab Malang luncurkan Kampoeng Durian buka potensi pariwisata


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024