Jakarta (ANTARA) - PT Bina Karya selaku Badan Usaha Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menggandeng PT Pos Indonesia (Persero) untuk mendukung layanan logistik di Nusantara.

Sekretaris Otorita Ibu Kota Nusantara Achmad Jaka Santos Adiwijaya mengatakan bahwa tentang tantangan yang dihadapi saat ini berkaitan erat dengan layanan logistik.

"Peran Otorita IKN yang sangat besar, Pelaksanaan 4P yang termuat dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang (UU) Nomor 21 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara, yakni Perencanaan, Pembangunan, dan Pemindahan, serta Pelaksanaan Pemerintahan Daerah Khusus Ibu Kota Negara yang mengharuskan kolaborasi dari seluruh pihak baik Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah, Badan Usaha, dan Masyarakat," ujar Achmad Jaka Santos Adiwijaya di Jakarta, Minggu.

Otorita IKN selalu menerapkan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) atau tata kelola lingkungan dan sosial, dengan demikian segala program yang kami lakukan harus dapat diperhitungkan produksi karbon dan bagaimana menyeimbangkannya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi mengatakan harapan untuk kesuksesan pembangunan IKN dalam menginspirasi berbagai pihak di masa depan.

PT Pos Indonesia menyampaikan bahwa kerja sama logistik yang terjalin dengan PT Bina Karya selaku Badan Usaha Otorita IKN merupakan sinergi yang baik untuk mencapai tujuan logistik terintegrasi menuju Indonesia maju.

“Membangun IKN, sama saja dengan membangun new culture , dimana tidak hanya membangun infrastruktur secara fisik, namun juga membangun pola hidup yang serasi dengan alam sekaligus mengimplementasikan seluruh teknologi terkini. Maka dari itu, pembangunan IKN ini akan menginspirasi masyarakat serta perusahaan swasta maupun pemerintah dalam mengembangkan infrastruktur di masa depan,” ujar Faizal Rochmad Djoemadi.

Pos Indonesia akan memberikan dukungan penuh atas gerakan-gerakan yang dilakukan.

"PT Pos Indonesia akan mendukung kebijakan yang ada dengan konsep green logistic," kata Faizal.

Sebagai informasi, PT Pos Indonesia melayani jasa logistik pengiriman barang, baik pribadi maupun kelembagaan berkaitan dengan perpindahan aparatur sipil negara (ASN) ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Baca juga: OIKN: Pembangunan kereta bandara selesai 2030
Baca juga: OIKN tekankan pentingnya pengakuan masyarakat adat di Nusantara
Baca juga: PosInd tingkatkan kualitas layanan pembayaran pensiun

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024