BNI berkomitmen untuk terus mendukung UMKM Indonesia untuk menembus pasar global
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menggelar forum untuk 40 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) eksportir di Bandung, Jawa Barat.

Kegiatan bertajuk BNI Exporters Forum itu mengangkat tema "Prospek Pasar Ekspor 2024”.

Adapun UMKM yang berpartisipasi merupakan mitra Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kantor Wilayah Jawa Barat, Kementerian Perdagangan-Indag Jawa Barat, dan nasabah BNI.

"BNI berkomitmen untuk terus mendukung UMKM Indonesia untuk menembus pasar global dan meningkatkan daya saing mereka di kancah internasional, salah satunya melalui BNI Exporters Forum ini," kata Direktur Retail Banking BNI Corina Leyla Karnalies dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

BNI Exporters Forum menghadirkan sejumlah narasumber guna berbagi wawasan dan informasi terkini mengenai lanskap pasar ekspor saat ini sekaligus membekali para UMKM dengan pengetahuan dan alat yang diperlukan untuk menavigasi pasar global secara efektif.

Selain sesi pemaparan, forum juga menghadirkan sesi diskusi yang memungkinkan para UMKM untuk bertukar ide dan pengalaman serta mendapatkan solusi praktis atas berbagai kendala yang dihadapi dalam menjalankan bisnis ekspor.

BNI juga memperkenalkan layanan transaksi keuangan BNI serta program Xpora yang dirancang untuk mendukung UMKM dalam mengembangkan usaha dan menjangkau pasar internasional.

BNI Xpora menyediakan layanan yang komprehensif, seperti pelatihan, pendampingan, pembiayaan, dan fasilitasi akses pasar global. Dengan itu, diharapkan BNI Xpora dapat memberdayakan UMKM untuk menjadi pemain global yang berkontribusi signifikan terhadap pembangunan perekonomian Indonesia.

Adapun BNI Exporters Forum di Bandung merupakan kegiatan ketiga setelah sebelumnya diselenggarakan di Jakarta dan Lampung.

"BNI berkomitmen untuk terus menyelenggarakan forum serupa di berbagai kota utama di Indonesia guna menjangkau lebih banyak UMKM dan membantu mereka dalam meraih kesuksesan di pasar global," ujar dia.

Baca juga: UMKM diaspora Belanda binaan BNI capai titik impas kurang dari setahun
Baca juga: BNI sediakan pembiayaan rantai pasok sasar korporasi dan UMKM
Baca juga: BNI salurkan pembiayaan segmen UMKM sebesar Rp118,3 triliun


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024