Masyarakat diimbau supaya tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa berkekuatan 5,1 magnitudo di Loloda Kepulauan, Maluku Utara, Minggu sekitar pukul 16.22 WIB.

Sistem peringatan dini dalam aplikasi infoBMKG yang dipantau di Jakarta Minggu menginformasikan, titik koordinat gempa berada di 2,02 Lintang Utara (LU), 127,71 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 222 kilometer.

Sedangkan pusat gempa berada di laut 60 kilometer sebelah Barat Laut Halmahera Utara / 30 kilometer Barat Laut Pulau Doi, Maluku Utara.

BMKG belum melaporkan secara rinci terkait dengan pemicu dan dampak yang ditimbulkan gempa tersebut terhadap masyarakat, termasuk berpotensi tsunami atau tidak.

Kendati demikian, masyarakat diimbau supaya tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, sampai hasil analisa peristiwa menyeluruh resmi dilaporkan oleh BMKG.

Hasil analisa resmi tersebut biasa didapatkan masyarakat dengan cara mengakses aplikasi daring infoBMKG, pelbagai akun media sosial infoBMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024