Jakarta (ANTARA) - Novak Djokovic mengkritik ofisial Roland Garros setelah memenangi pertandingan babak ketiga French Open pada pukul 03.07 Minggu pagi.

Juara bertahan dan pemenang gelar Grand Slam 24 kali Djokovic bangkit dari ketertinggalan dua set untuk mengalahkan Lorenzo Musetti 7-5, 6-7 (6/8), 2-6, 6-3, 6-0 dalam pertandingan yang baru dimulai sebelum pukul 22.45 Sabtu (1/6) malam.

Laga Djokovic kontra Musetti tersebut terjadi menyusul keputusan penyelenggara untuk mengadakan pertandingan tambahan di dua lapangan utama dengan atap yang bisa tertutup untuk mengatasi kekacauan jadwal yang disebabkan oleh hujan di Paris.

"Saya tidak ingin terlibat dalam perdebatan ini," kata Djokovic, seperti disiarkan AFP, Minggu.

Namun ia kemudian melanjutkan, "Saya pikir beberapa hal bisa ditangani secara berbeda."

"Ada keindahan tertentu dalam memenangkan pertandingan pada pukul tiga pagi jika itu adalah pertandingan terakhir turnamen, namun hal ini tidak terjadi," ujar Djokovic.

Baca juga: Djokovic bertanding hingga pagi hari untuk samai rekor Federer

Kemenangan Djokovic yang berlangsung selama empat jam 29 menit tersebut membuat petenis peringkat satu dunia berusia 37 tahun itu menyamai rekor Roger Federer dengan 369 kemenangan pertandingan Grand Slam.

"Secara fisik, saya benar-benar berusaha sekuat tenaga untuk memenangi pertandingan ini. Saat Anda melakukan reli lebih dari 20 pukulan, pada pukul dua pagi... Siapa yang bermain pada pukul dua pagi?" kata Djokovic.

"Kami memainkan beberapa pertandingan dalam hidup kami saat ini. Kondisinya sangat berat, sangat dingin. Anda tidak memiliki banyak poin bebas di balik servis Anda."

Djokovic sekarang harus memulihkan kondisi untuk menghadapi unggulan ke-27 asal Argentina Francisco Cerundolo di babak 16 besar pada Senin setelah menghindari tersingkir lebih awal di French Open.

Meskipun pertandingan terakhir berakhir hingga larut di Paris, Australian Open di Melbourne-lah yang memegang rekor Grand Slam -- pada 2008, Lleyton Hewitt dan Marcos Baghdatis memainkan pertandingan hingga pukul 04.34.

Pada US Open di New York, finis terakhir adalah pukul 02.50 pada 2022 ketika Carlos Alcaraz mengalahkan Jannik Sinner.

Sementara Wimbledon memiliki peraturan jam malam dengan bentrokan 2012 antara Andy Murray dan Baghdatis berakhir pada pukul 23.02.

Baca juga: Djokovic optimistis bergerak ke arah positif di French Open

Baca juga: Zverev bangkit untuk kalahkan Griekspoor dalam lima set French Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024