Tanjung Selor (ANTARA) - Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Kalimantan Utara (Kaltara) melayani pemulangan dan kedatangan 232 Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari KBRI Kota Kinabalu Sabah, Malaysia, ke Nunukan, Kaltara.

“Ratusan jumlah TKI itu sudah kami layani kepulangannya dari Tawau menggunakan kapal feri sampai Pelabuhan Tunon Taka, Nunukan,” kata Kepala BP3MI Kaltara, Kombes Pol F. Jaya Ginting di Nunukan, Minggu.

Setibanya di Nunukan, para PMI disambut tim BP3MI Kaltara dan instansi terkait lainnya. Selanjutnya, mereka dibawa ke Rumah Ramah PMI untuk keperluan pendataan, makan, dan istirahat.

“Di sana, mereka menunggu jadwal kapal pemulangan ke daerah asal masing-masing,” kata Kombes Jaya.

Ia mengatakan, BP3MI Kaltara telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk memastikan kelancaran pemulangan 232 PMI ini.

“Kami telah menyiapkan tim penjemputan, Rumah Ramah PMI untuk tempat istirahat, dan mengatur jadwal serta transportasi pemulangan para PMI ke 10 provinsi daerah asal mereka,” tuturnya.

Kombes Pol F. Jaya Ginting juga mengimbau masyarakat agar tidak mudah tergiur bekerja ke luar negeri tanpa melalui prosedur yang resmi.

"Pastikan bekerja melalui agen penyalur resmi yang terdaftar," kata Kepala BP3MI Kaltara.

Pewarta: Muh. Arfan
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024