Jakarta (ANTARA) - Pemain asing andalan Prawira Harum Bandung Brandone Francis membawa timnya menaklukkan Dewa United Banten dengan mencetak 31 poin dalam kemenangan 99-94 pada laga di C-Tra Arena Bandung, Minggu (2/6).

Prawira yang kalah oleh Dewa United pada pertemuan pertama 28 Januari lalu dan tidak diperkuat oleh Francis, berhasil melakukan revans di pertemuan kedua kompetisi IBL 2024 saat pemain asal Republik Jamaika tersebut hadir di lapangan. Berdasarkan catatan di laman resmi IBL, Dewa United tidak pernah bisa menang ketika Brandone Francis berada dalam skuad Prawira.

"Sangat menyenangkan memenangi pertandingan di rumah sendiri. Saya mengapresiasi semua tim pelatih yang selalu membuat persiapan yang bagus dalam setiap laga. Mereka membuat strategi yang tepat menghadapi setiap tim, termasuk untuk mengalahkan Dewa United. Kami tim juara, kami tidak boleh diremehkan," kata Brandone Francis.

Baca juga: Prawira belum terbendung, kalahkan Rajawali Medan 81-66

James Gist III tampil solid dengan menyumbang 23 poin, 12 rebound, dan 4 assist untuk Prawira. Yudha Saputera mencetak 20 poin, 3 rebound, dan 3 assist. Antonio Hester mencetak 10 poin, 5 rebound, dan 3 assist sebelum dikeluarkan dari lapangan karena pelanggaran atau foul-out.

Dari kubu Dewa United, mesin poinnya tidak bekerja maksimal. Jordan Adams mencetak 20 poin, 8 rebound, dan 7 assist, dengan akurasi tembakan dari lapangan yang tidak sampai 50 persen, atau 9 berhasil dari 22 upaya.

Gelvis Solano mencetak 27 poin, namun membuat 2 turnover yang merugikan di menit-menit akhir dari total 8 turnover yang dia lakukan di laga ini. Tavario Miller mencetak 19 poin dan 7 rebound. Kemudian Lester Prosper yang kerap mencetak skor tertinggi untuk Dewa United kali ini hanya mencetak 8 poin dengan 3 bola masuk dari total 11 upaya tembakkan. Dewa United melakukan 18 kesalahan yang membuat perpindahan penguasaan bola atau turnover di laga melawan Prawira, tertinggi di sepanjang musim IBL 2024.
 
Pebasket Prawira Harum Bandung Brandone Francis (kiri) menggiring bola dibayangi pebasket Dewa United Banten Lester Prosper (kanan) dan Jordan Lavell Adams (kedua kanan) saat pertandingan Indonesian Basketball League (IBL) 2024 di GOR C-tra Prawira Arena, Bandung, Jawa Barat, Minggu (2/6/2024). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/foc.

Prawira membuat Dewa United merasakan kekalahan keduanya dari 19 pertandingan yang telah dijalani hingga pekan ke-14. Dewa United yang menjalani musim terbaiknya mencatat 17 kemenangan dan hanya 2 kali kalah.

Setelah sebelumnya catatan 12 kemenangan beruntun Dewa United dihentikan oleh Pelita Jaya Jakarta, Dewa United yang kembali membangun lima kemenangan beruntun kini juga dihentikan oleh Prawira.

Sebaliknya, Prawira yang di awal musim memiliki performa tidak konsisten, kini terus merangkak naik ke papan atas klasemen semetara. Mereka berada di peringkat lima klasemen sementara IBL dengan catatan 14 menang dan 4 kalah. Prawira sudah menang delapan laga berturut-turut sejak bulan Mei lalu.

Baca juga: IBL 2024, Prawira lawan Dewa United jadi laga panas di akhir pekan ini

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024