Jakarta (ANTARA) - Anteraja sebagai perusahaan logistik yang berdiri pada 2019, terus berupaya untuk beradaptasi dan tumbuh bersama lokapasar di Indonesia.

CEO Anteraja, Handy Widiya, menyatakan perusahaan logistik yang dipimpinnya bertumbuh bersama platform lokapasar sejak berdiri. Tren belanja daring yang kini makin digemari masyarakat, membuat perusahaan itu terus menjawab tantangan zaman yang serba cepat.

“Dan memang sejak kita berdiri sebagai pemain (logistik) ekspres yang cukup paling muda, dibanding teman-teman ekspres yang lain, juga tumbuh melihat pertumbuhan lokapasar itu menjadi satu tujuan utama kenapa Anteraja segera berbisnis dan membangun industri ekspres itu di lokapasar,” kata Handy kepada wartawan, di Jakarta, Senin (3/6).

Anteraja tak ragu menyatakan dirinya pemain logistik ekspres yang terdepan dengan mengintegrasikan layanan dengan teknologi. Handy mengingat, satu tahun berselang sejak perusahaan berdiri, Anteraja langsung menjajaki kerja sama dengan beberapa platform lokapasar. Satu di antaranya ialah Shopee, yang selama ini menjadi mitra untuk tumbuh bersama hingga kini.

“Shopee kan memang membutuhkan mitra kurir yang bisa dipercaya, bisa diandalkan. Dan Shopee memang membuka ke beberapa semua perusahaan ekspres untuk ikut menjadi mitra layanan kurir di platform Shopee. Proses integrasi dilakukan bertahap supaya semua kebutuhan masing-masih pihak dari sisi kami sebagai perusahaan ekspres-nya, si Shopee sebagai platformnya itu dilakukan,” kenangnya.

Selain itu, kerja sama dengan Shopee, juga selaras dengan visi dan misi Anteraja supaya ekonomi UMKM di Indonesia dan digital bisa tumbuh sama-sama. Menurutnya, Shopee merupakan salah satu lokapasar yang punya minat dan visi-misi yang sama.

Sudah empat tahun perjalanan Anteraja bersama Shopee. Selama perjalanan itu, kata Handy, Shopee adalah mitra yang kolaboratif. Banyak program diinisiasi bersama antar kedua perusahaan. Handy menjelaskan sebagai pemain baru, Anteraja bersama dengan Shopee secara aktif memperkenalkan diri dengan berbagai progam yang diinisasi bersama.

“Banyak seller yang mungkin belum kenal, tetap aja kan pasti saya dibanding pemain-pemain lain pasti beda lah. Kita banyak dibantu. Misalnya, kita bikin program bareng untuk si seller,” kata Handy.

Saat ini, Handy menuturkan pihaknya memiliki program Sure Win, program yang memberi banyak insentif kepada para seller jika memilih mengaktivasi jasa logistik Anteraja di platform Shopee.

“Jadi untuk para seller dengan kontribusi, volume pengiriman terbesar menggunakan anteraja, seller tuh akan dapat semacam hadiah. Supaya seller mau mengaktifkan Anteraja di platform Shopee juga dan semakin banyak seller yang bisa mendapat layanannya dari Anteraja. Jadi inisiatif promosi ini banyak di-sounding juga dari pihak Shopee sendiri. Sehingga memberikan dampak positif buat si Anteraja, kami dan para seller maupun buyer,” sambungnya.

Di platform Shopee, Anteraja diberi banyak pilihan menawarkan layanan jasa pengiriman ke konsumen. Mulai dari reguler, yakni pengiriman barang dengan harga terjangkau ke seluruh Indonesia, ada juga Cargo, memungkinkan konsumen atau seller mengirim paket dengan ukuran besar dan berat.

Dan yang terakhir ialah ekonomi, layanan pengiriman yang dikhususkan untuk pengguna dengan ongkos banyak insentif kepada pengguna Shopee. Tidak hanya itu, Anteraja juga memberikan layanan Same Day, yang selama ini dianggap hanya beberapa pemain menguasai segmen tersebut.

“Dan salah satu juga, misal contohnya kami punya layanan same day. Itu juga, mungkin tidak banyak juga ekspres company yang punya layanan same day".

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024