Los Angeles (ANTARA News) - Aktris Sandra Bullock menyapu penghargaan Peoples Choice ke-40 Rabu lalu waktu AS dengan memenangi empat kategori sehingga mengukuhkan statusnya sebagai bintang yang disukai penggemar.

Penyanyi Justin Timberlake mendominasi penghargaan bidang musik dengan tiga anugerah, demikian diberitakan Reuters.

Bullok (49) mendapat tiga penghargaan sebagai bintang film favorit, aktris film drama dan aktris film komedi untuk perannya dalam "Gravity", kemudian komedi "The Heat".

Ia juga memenangi duet favorit dalam "Gravity" bersama George Clooney, sedangkan film mereka itu memenangkan penghargaan film drama paling disukai.

"Seorang aktor tidak akan bisa melakukan apa yang mereka kerjakan tanpa dukungan ratusan orang yang bekerja bersama mereka. Saya banyak belajar tahun ini. Saya bekerja bersama Melissa McCarthy pada The Heat dan Gravity," tutur aktris peraih Oscar itu.

Bullock kemudian bersama McCarthy naik ke panggung untuk menerima penghargaan kategori film komedi dari "The Heat".

Setelah lebih dari lima tahun menjauh karena memusatkan perhatiannya pada seni peran, Justin Timberlake kali ini mendapat tiga penghargaan.

"Saya ingin menyampaikan terimakasih pada kedua orangtua yang terus menanamkan pada saya bahwa tidak ada cita-cita yang terlalu tinggi. Saya juga berterimakasih kepada tim yang harus menghadapi sikap saya yang konyol -- maaf, tapi tidak terlalu kok... lihat ini," kata sang penyanyi mengacu hadiahnya.

Timberlake juga memenangkan penghargaan artis pria favorit dan penyanyi R&B favorit, tetapi dikalahkan Britney Spears dalam artis pop terbaik.

Spears baru pertamakali mendapat penghargaan Peoples Choice sepanjang 15 tahun karirnya.

Aktor Robert Downey Jr mendapat penghargaan aktor laga favorit dalam film Disney - Marvel, "Iron Man 3" film yang sekaligus mendapat penghargaan film favorit dan film laga favorit.

"Saya Manusia Besi dan ini untuk semua orang," kata sang aktor. 

Penghargaan Peoples Choice diberikan atas pilihan para penggemar yang memberikan suara secara online untuk 58 kategori bagi karya film, musik dan televisi.

Tahun ini lebih dari 700 juta pemilih memberikan suara, sedangkan seremoni penyerahan penghargaan disiarkan langsung jaringan CBS, mendahului seremoni Oscar pada 2 Maret.

(M007/A016)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014