Jakarta (ANTARA) - Indonesia mencetak rekor juara PUBG Mobile di kawasan Asia Tenggara empat musim berturut-turut setelah Boom Esport memenangi PUBG Mobile Super league Southeast Asia (PMSL) SEA Summer 2024.

Pada Maret lalu, Boom Esports dinobatkan sebagai juara PMSL SEA SPRING 2024 setelah mengungguli 23 tim Asia Tenggara lainnya.

Hal itu menjadikan mereka sebagai tim kedua setelah Alter Ego Ares yang berhasil mempertahankan gelar juara Asia Tenggara selama dua musim berturut-turut, mencatatkan rekor baru bagi Indonesia sebagai juara ajang PMSL SEA selama empat musim berturut-turut sejak pertama kali diadakan pada tahun 2023.

"Ditambah dengan perolehan medali emas pada ajang SEA Games 2023 Cambodia, Indonesia mengukuhkan posisi sebagai negara yang belum terkalahkan di ajang esports PUBG Mobile tingkat Asia Tenggara sejak 2023 hingga saat ini," demikian bunyi pernyataan resmi PUBG Mobile yang diterima di Jakarta, Senin.

Baca juga: Boom Esports harumkan Indonesia dengan juarai 2024 PMPL SEA Spring

PMSL SEA Summer 2024 berlangsung pada 8 Mei-2 Juni 2024 di Bangkok, Thailand. Mempersembahkan total hadiah dengan nilai 200 ribu dolar AS atau setara Rp3,2 miliar, turnamen tersebut menjadi medan pertempuran bagi 24 tim PUBG Mobile paling kompetitif di Asia Tenggara.

Sang juara yaitu BOOM Esports, yang diperkuat oleh Frentzy, Flyboy, Yummy, Ponbit, Reizy dan sang pelatih Rapshody, mengawali turnamen dengan performa konsisten di Liga, terutama pekan pertama dan kedua.

Boom Esports sempat terpuruk di peringkat 15 pada Super Sunday pekan ketiga, namun berhasil mengakhiri Liga di posisi keempat.

Namun, Boom Esports berhasil mengembalikan konsistensi mereka di tiga hari Grand Finals dengan selalu masuk ke dalam posisi lima teratas.

Puncaknya, BOOM Esports menutup perlawanan 15 tim Asia Tenggara lainnya dengan total perolehan 200 poin, selisih cukup jauh dengan tim asal Vietnam D’Xavier di posisi runner up pertama dengan 167 poin, dan tim Malaysia Yoodo Alliance sebagai runner up kedua dengan catatan 147 poin.

Selain gelar raja bertahan di Asia Tenggara dan hadiah uang tunai 43.800 dolar AS atau setara Rp710 juta, Boom Esports juga membawa pulang satu tiket menuju turnamen bergengsi PUBG Mobile World Cup (PMWC) 2024 yang akan digelar di Arab Saudi dan 2PUBG Mobile Regional Clash (PMRC) 2024: PEL VS CSA VS SEA di China.

Tiket menuju kedua turnamen tersebut juga didapatkan oleh empat tim lainnya yaitu D’Xavier (Vietnam), Yoodo Alliance (Malaysia), Talon Esports (Indonesia), dan Vampire Esports (Thailand).

Baca juga: Boom Esports bersaing di Thailand usai juara Valorant Challengers
 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024