Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, melepas empat komunitas otomotif untuk melakukan touring internasional ke sejumlah negara di Asia, di antaranya Malaysia, Thailand, China, serta negara di Eropa, yaitu Italia, Prancis, dan Belanda.
 
Ia membeberkan, keempat komunitas yang memiliki agenda perjalanan masing-masing tersebut, yaitu Pajero Sport Family (PSF), Indonesia Overland 4X4, BMW Ultimate Journey, dan Indonesia Motorhome Club.
 
"Selain membawa misi perdamaian dan mempromosikan berbagai destinasi wisata unggulan yang ada di Indonesia, touring ini juga untuk memperkuat soliditas kebangsaan antar sesama anggota," kata pria yang kerap disapa Bamsoet itu saat melepas secara seremoni keberangkatan di Kantor IMI Pusat, dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin.
 
Selain melepas start perjalanan, dia juga menyerahkan secara simbolis Kartu Tanda Anggota IMI dan dokumen FIA Carnet De Passage En Douane (CPD), yang merupakan paspor bagi kendaraan untuk touring di berbagai negara dunia, kepada perwakilan komunitas otomotif tersebut.
 
"Di setiap negara yang dilalui, para peserta touring direncanakan disambut oleh jajaran KBRI maupun Konsulat Jenderal Indonesia, sehingga bisa turut memperkuat soliditas kebangsaan sesama anak bangsa," ujar dia.
 
 
Para peserta yang akan touring internasional ke sejumlah negara di Asia dan Eropa yang dilakukan empat komunitas otomotif dari Indonesia, Jakarta, Senin (3/6/2024). ANTARA/HO-IMI
 
Komunitas PSF menyelenggarakan touring Borneo Explore 360 ke tiga negara yang meliputi Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam dan diikuti sebanyak 15 mobil dengan melibatkan 50 peserta.
 
Rute yang dilalui antara lain Pontianak, Kuching, Brunei, Subah/Tawau, Pulau Derawan, IKN, Balikpapan, Banjarmasin, kemudian kembali ke Pontianak.
 
Kemudian, Indonesia Overland 4x4 yang bekerja sama dengan Borneo Overland Expedition Sabah Malaysia, menyelenggarakan Trans Nusantara yang dilaksanakan pada Agustus sampai September 2024.
 
Ekspedisi melalui jalan darat dalam waktu sekitar 36 hari itu, menempuh rute Kota Kuching (Malaysia) dan diteruskan dengan berkeliling Pulau Kalimantan.
 
Direncanakan, lanjut Bamsoet, komunitas itu turut ambil bagian pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN dan setelahnya melanjutkan perjalanan ke Sulawesi, Flores, Sumbawa, Lombok, Bali, Jawa dan selesai serta kembali ke Kuching Malaysia.

Baca juga: Bamsoet sebut uji kompetensi IMI bisa tingkatkan kualitas anggota
 
Lalu, komunitas ketiga yakni Indonesia Motorhome menyelenggarakan touring bertema Breath Borneo
 
Rute jelajahnya dari Balikpapan menuju IKN, menelusuri seputar Kabupaten Kutai dan Samarinda, yang dikenal sebagai pusat salah satu kerajaan tertua di Indonesia dan dilanjutkan menuju Banjarmasin.
 
Kegiatan tersebut, kata Bamsoet menyampaikan, diisi dengan rangkaian mengelilingi kota, wisata hutan lindung, dan hutan mangrove.
 
Sedangkan untuk komunitas keempat, yakni BMW Ultimate Journey, tambah dia, melaksanakan perjalanan yang dimulai pada Agustus 2024 di 28 negara di Asia dan Eropa.
 
Negara yang akan disinggahi, di Asia antaranya, Malaysia, Thailand, China, dan India. Sedangkan untuk Eropa, empat di antaranya yakni Bulgaria Italia, Prancis, dan Belanda.
 
Total jarak tempuh yang akan dicapai diperkirakan sekitar 30 ribu kilometer.

Baca juga: IMI dukung Toyota GR Indonesia berlaga di kancah internasional

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024