Jakarta (ANTARA) - Jajaran TNI AU menjalin kerja sama dengan PT. Pasifik Satelit Nusantara (PSN) dalam pengembangan teknologi satelit atau keantariksaan.

Dalam siaran pers yang diterima ANTARA, Senin, kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono dengan Direktur Utama PT. PSN Adi Rahman Adiwoso di VVIP Room Pandawa, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin siang.

"Penandatanganan ini merupakan landasan penting antara TNI AU dengan PT. PSN untuk menciptakan koordinasi dan sinergi yang optimal antara kedua institusi," kata Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono, seperti dikutip siaran pers tersebut.

Dengan ditandatanganinya nota kerja sama ini, kata Tonny, TNI AU mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan teknologi keantariksaan, pemanfaatan satelit Indonesia dan kerja sama penguatan kemampuan sumber daya manusia pada bidang keantariksaan.

Kerja sama ini diyakini Tonny dapat memperkuat kekuatan udara Indonesia dan pengawasan teritorial udara di titik-titik perbatasan tertentu.

Dengan adanya kerja sama ini, dia berharap koordinasi antara TNI AU dan PT PSN bisa berjalan dengan baik dalam menjaga wilayah udara Indonesia.

Sebelumnya, kata Tonny, TNI AU juga menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan dalam rangka memperkuat pertahanan udara Indonesia.

Salah satu yang paling baru, yakni kerja sama antara TNI AU dengan Airbus Helicopters. Pertemuan antara kedua belah pihak terjadi di Markas Besar TNI AU di kawasan Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (22/5).

Dalam pertemuan antara Tonny dengan Vincent Dubrule selaku Head of Region for Airbus Helicopters, terjadi beberapa pembahasan yang berkaitan teknologi baru yang dimiliki oleh perusahaan asal Eropa itu.

Tonny menyambut baik pembahasan tersebut lantaran Airbus dan TNI AU memiliki rekam jejak yang baik dalam pekerjaan pada bidang pengadaan alutsista.

Baca juga: Panglima TNI minta KSAU lakukan terobosan untuk perkuat alutsista
Baca juga: KSAU dan Prabowo bahas penguatan pertahanan udara
Baca juga: KSAU kunjungi pejabat militer Singapura bahas kerja sama pertahanan

Pewarta: Walda Marison
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024