Alex Noerdin selaku kepala daerah yang berupaya meningkatkan kualitas wartawan di daerah yang dipimpinnya melalui pendidikan khusus yang sekarang dikenal dengan SJI, perlu diapresisi dengan perhargaan tinggi dari PWI,"
Palembang (ANTARA News) - Persatuan Wartawan Indonesia berencana (PWI) menganugerahi Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dengan penghargaan Pelopor Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) pada Hari Pers Nasional (HPN) di Bengkulu, 9 Februari 2014.

Penyerahan penghargaan kepada kepala daerah dan tokoh yang peduli pers nasional akan disaksikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang juga direncanakan memberikan kuliah umum kepada wartawan anggota PWI dan wartawan ASEAN, kata pengurus PWI Pusat Akhmad Kusaeni didampingi Atal S Depari seusai menyampaikan undangan kepada Gubernur Alex Noerdin di Griya Agung Palembang, Jumat.

Dia mejelaskan, Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) yang sedang dikembangkan PWI di setiap provinsi di Tanah Air, pertama kali digagas Gubernur Sumsel Alex Noerdin pada HPN 2010.

"Alex Noerdin selaku kepala daerah yang berupaya meningkatkan kualitas wartawan di daerah yang dipimpinnya melalui pendidikan khusus yang sekarang dikenal dengan SJI, perlu diapresisi dengan perhargaan tinggi dari PWI," ujarnya.

Selain SJI untuk wartawan dalam negeri, Gubernur Alex Noerdin juga mendukung pendirian Pusat Pelatihan Wartawan ASEAN di Kota Palembang.

Pelatihan jurnalistik wartawan ASEAN rencananya diluncurkan pada 11 Februari 2014 oleh Ketua Umum PWI Margiono, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, dan Gubernur Sumsel Alex Noerdin, katanya.

Sementara Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, sangat senang mendengar akan diberikan penghargaan oleh PWI atas kepeduliannya dengan peningkatkan kualitas sumber daya manusia pekerja Pers.

Selain bersedia menghadiri HPN dan acara penyerahan penghargaan PWI, ia juga mendukung rencana pendirian Pusat Pelatihan Wartawan ASEAN di Kota Palembang.

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan menyediakan seluruh fasilitas yang dibutuhkan PWI untuk menyelenggarakan kegiatan pelatihan wartawan tingkat ASEAN, kata gubernur. (*)

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014