Jakarta (ANTARA) -
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menegaskan kepada seluruh jajarannya terkait pentingnya sinergitas TNI-Polri dalam mengawal program pemerintah mewujudkan Indonesia Emas 2045.
 
"Itu yang selalu menjadi pegangan, yang harus bisa dipedomani dan ditindaklanjuti di dalam pelaksanaan tugas pokok secara umum selaku institusi Polri dan juga rekan-rekan yang juga memiliki tugas pokok sesuai dengan bidang dan fungsi masing-masing," kata Sigit dalam pembukaan rapat kerja teknis (Rakernis) gabungan 4 Satker Polri di Jakarta, Senin.
 
Tidak hanya itu, orang nomor satu di institusi kepolisian itu meminta jajarannya untuk menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo pada Rapim TNI-Polri awal tahun lalu. Yakni, terus menjaga proses demokrasi serta kerukunan dan keamanan masyarakat
 
Karena, lanjut di, Polri saat ini sedang menjalankan Operasi Mantab Brata hingga pelantikan Presiden-Wakil Presiden pada 20 Oktober 2024 mendatang. Dan, akan menggelar Operasi Mantab Praja untuk pengamanan Pilkada Serentak 2024 yang digelar bulan November.
 
"Kenapa ini saya ingatkan, karena Polri masih melaksanakan rangkaian dari Operasi Mantab Brata, di satu sisi Polri sudah masuk ke Operasi Mantab Praja," ujarnya.
 
Mantan Kabareskrim Polri itu juga meminta seluruh jajarannya turut menyukseskan berbagai agenda strategis berskala internasional. Lalu, selalu waspada terhadap perkembangan lingkungan strategis.
 
"Jadi tidak hanya yang melaksanakan tugas di bidang operasional, namun juga teman-teman yang berada di fungsi pembinaan juga mau tidak mau harus tetap mengikuti," katanya.
 
Dengan demikian, lanjut dia, Polri memiliki sense frekuensi yang sama terkait dengan perkembangan lingkungan strategis yang dinamikanya sangat luar biasa.
 
Selain itu, Sigit juga meminta agar jajaran selalu adaptif terhadap perubahan dan menyesuaikan dengan berbagai perkembangan yang ada.
 
"Sehingga Polri harus siap, bagaimana nilai-nilai yang ditanamkan," kata Sigit.
 
Sebanyak 4 satuan kerja (satker) Polri melaksanakan Rakernis gabungan di Rupatama Mabes Polri, yakni Pusdokkes, Puskeu, Puslitbang, dan Pusjarah.
 
Acara pembukaan dihadiri oleh Mendikbudristekdikti Nadiem Makarim, Menkes Budi Gunadi Sadikin, Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto, beserta Pejabat Utama Mabes Polri.

Dalam kesempatan tersebut, Sigit mengapresiasi kinerja keempat satker tersbeut yang membuat institusi Polri semakin baik dari hari ke hari.

"Saya berterima kasih kepada rekan-rekan telah mewujudkan kerja keras dan kontribusi rekan-rekan sehingga institusi Polri tentunya semakin hari semakin baik di dalam melaksanakan tugas pokoknya," ujar Sigit.

Baca juga: Presiden Jokowi perintahkan Kapolri agar kasus Vina dikawal transparan

Baca juga: Haidar Alwi: Sinergi Polri-Kejagung diperlukan demi cegah adu domba

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024