Minggu depan kami akan pergi ke Valencia, dan kami akan menguji item baru di sana
Jakarta (ANTARA) - Tim Monster Energy Yamaha bersiap untuk melakoni uji coba privat mereka di Sirkuit Valencia, Spanyol, setelah uji coba MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Senin (3/6).

Hal itu menyusul cuaca buruk yang menyiram Mugello pada saat uji coba resmi kelima MotoGP musim ini dilakukan.

Dikuitip dari keterangan resmi Yamaha, Selasa, kondisi cuaca tidak memungkinkan para pembalap untuk memenuhi uji coba tersebut, dengan Alex Rins dan Fabio Quartararo masing-masing finis di posisi ketujuh dan 14 dalam hasil keseluruhan.

Adapun Rins sangat ingin memanfaatkan waktu yang tersedia di uji coba Mugello untuk lebih meningkatkan performa motornya. Karena hujan, pembalap Spanyol itu harus sedikit menyesuaikan rencananya dan malah mengerjakan set-up sepedanya di kondisi basah.

Baca juga: Rins dan Quartararo akui alami kesulitan saat berpacu di trek basah

Ia menyelesaikan 16 lap, mencatatkan waktu terbaik 1 menit 57,652 detik di lap 10, hingga finis di posisi ketujuh.

“Sangat disayangkan kami tidak dapat berkendara dalam kondisi kering karena kami memiliki item baru untuk diuji di sini. Untungnya, minggu depan kami akan pergi ke Valencia, dan kami akan menguji item baru di sana,” kata Rins.

“Kami memanfaatkan (kondisi) untuk berkendara dalam kondisi basah pada uji coba ini. Kami melakukan banyak putaran, mencoba memahami kontrol traksi, mengurangi putaran saat keluar tikungan, dan kami menemukan beberapa hal positif,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, Quartararo menunggu kondisi lintasan membaik dan area lembab mengering sebelum memulai program pengujiannya. Namun, cuaca berubah menjadi lebih buruk, membuat pemain asal Prancis ini tidak mempunyai pilihan lain selain mengubah daftar tugasnya.

Alex Rins saat melakoni sesi uji coba di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Selasa (28/11/2023). (ANTARA/HO/MotoGP)
Baca juga: Quartararo ingin terus jaga asa Yamaha setelah GP Catalonia

Waktu tercepatnya, 2 menint 02,375 detik, yang dicatat pada lap 11, menempatkannya di posisi ke-14 dalam peringkat uji coba keseluruhan.

“Kami memiliki banyak item untuk dicoba yang pada akhirnya kami tidak dapat mengujinya di sini. Sayang sekali pada hari pengujian, cuaca tidak membantu kami, tetapi kami akan mengadakan tes pribadi lagi minggu depan. Mudah-mudahan cuaca bagus di Valencia,” kata Quartararo.

Di sisi lain, uji coba privat Yamaha di Valencia akan digelar pada 11-12 Juni, sebelum mereka bertolak ke Sirkuit TT Assen untuk melakoni Grand Prix Belanda pada 28-30 Juni.

“Kami memanfaatkan situasi di Mugello sebaik-baiknya dengan mengerjakan kontrol elektronik, mengumpulkan informasi yang baik untuk masa depan. Agak mengecewakan, tapi kami beruntung karena sebentar lagi kami akan mengadakan tes privat, jadi masih ada kesempatan lain untuk menyelesaikan pekerjaan ini,” kata Direktur Tim Massimo Meregalli.

Baca juga: Diggia, Bezzecchi matangkan performa dan teknis setelah GP Italia

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024