Tanjungpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memberikan bantuan senilai Rp939 juta kepada korban banjir bandang di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Penyerahan bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dan simpati Pemprov Kepri terhadap masyarakat Sumbar yang terdampak bencana banjir bandang, sehingga dapat meringankan beban para korban dan membantu proses pemulihan pasca-bencana.

"Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dan simpati kami kepada masyarakat Sumbar yang terdampak bencana banjir bandang," kata Gubernur Kepri Ansar Ahmad di Tanjungpinang, Selasa.

Baca juga: Prajurit bantu bersihkan fasilitas umum dan rumah korban banjir Sumbar

Ansar menyampaikan bahwa bantuan tersebut sudah diserahkan kepada Gubernur Sumbar Mahyeldi dalam kunjungan kerjanya ke Padang, Senin (3/6).

Ia menyebut kabupaten/kota di Sumbar selama ini sangat berkontribusi bagi Kepri, karena Kepri merupakan daerah kepulauan, sehingga beberapa kebutuhan pokok, seperti beras, sayuran dan buah-buahan masih banyak didatangkan dari daerah tersebut.

"Kepri dan Sumbar ini seperti saudara kandung yang tidak bisa dipisahkan, apalagi sepuluh persen penduduk Kepri adalah warga Sumbar, hampir sama dengan Sumatera Utara, dan terbanyak dari Pulau Jawa," kata Ansar.

Ansar menambahkan bantuan tersebut terdiri atas berbagai kebutuhan dasar, seperti beras, mie instan, selimut, dan obat-obatan. Ia berharap bantuan ini dapat membantu para korban dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Bantuan yang diberikan berupa uang tunai sebesar Rp939 juta, dengan rincian bantuan keuangan khusus dari Pemprov Kepri Rp500 juta. Kemudian, bantuan khusus dari Kabupaten Karimun Rp250 juta, serta bantuan dari masyarakat Karimun Rp50 juta.

Selanjutnya bantuan dari Badan Kelompok Majelis Taklim (BKMT) melalui Baznas Rp69 juta dan perkumpulan Minang Sakato Bintang Rp77 Juta.

Secara terpisah, Gubernur Sumbar Mahyeldi mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Kepri atas bantuan yang diberikan. Ia mengatakan bahwa bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi para korban.

Baca juga: Baznas distribusikan air bersih ke korban bencana banjir lahar Sumbar

Baca juga: Mensos Risma bantu memasak di dapur pengungsian bencana banjir Sumbar


"Terima kasih atas bantuan dari Pemprov Kepri. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi para korban," kata Mahyeldi.

Mahyeldi menambahkan Pemprov Sumbar akan terus berupaya untuk membantu para korban dan melakukan pemulihan pasca-bencana.

Bantuan dari Pemprov Kepri ini menambah daftar bantuan yang telah diterima oleh korban banjir bandang Sumbar dari berbagai pihak. Sebelumnya, Sumbar juga menerima bantuan dari pemerintah pusat, lembaga swadaya masyarakat, dan masyarakat umum.

Pewarta: Ogen
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024