Jambi (ANTARA) - Gubernur Jambi Al Haris mengingatkan kepada jamaah calon haji berasal dari daerah itu untuk fokus melaksanakan ibadah haji selama di Tanah Suci.

"Di sana (Arab Saudi) manfaatkan waktunya ibadah, jangan main handphone (ponsel), jangan fokus belanja tapi fokus ibadah," kata dia saat melepas keberangkatan jamaah calon haji dari Kloter BTH 23 Embarkasi Haji Antara Provinsi Jambi menuju Batam di Jambi, Selasa.

Ia menyebut keberangkatan JCH Jambi hingga kloter kedua berjalan lancar. Seluruh calon haji yang terdata pada kloter masing-masing dapat berangkat.

Dia juga berpesan kepada jamaah calon haji agar menjaga kesehatan serta kekompakan antarjamaah dan petugas.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jambi Zostafia mengatakan kloter BTH 23 berjumlah 450 calon haji dan petugas sudah diberangkatkan dari Embarkasi Haji Antara Provinsi Jambi menuju Batam.

Baca juga: 5.440 JCH Kalsel dan Kalteng sudah diterbangkan ke Tanah Suci

Selanjutnya, perjalanan dari Bandara Hang Nadim Batam dilanjutkan ke Arab Saudi menggunakan pesawat Saudi Airlines.

Ia mengatakan keberangkatan jamaah calon haji berjalan lancar, meski sempat menghadapi kendala listrik yang padam di asrama haji.

"Tadi ada kendala soal listrik, namun tidak mengganggu secara signifikan sehingga keberangkatan ke bandara tepat waktu," kata dia.

Kloter BTH 23 diisi oleh jamaah calon haji berasal dari Kabupaten Bungo, Batanghari, dan Sungai Penuh.

Jumlah anggota jamaah dari Bungo 175 orang, Batanghari 165 orang, dan Sungai Penuh 101 orang.

Salah satu calon haji Kloter BTH 23 Muhammad Ridho Yuda Putra berusia 18 tahun dari Kabupaten Bungo menjadi termuda se-Provinsi Jambi.

Baca juga: 169.958 calon haji reguler Indonesia telah berada di Makkah
Baca juga: Kemenag pantau hilal Zulhijah 1445 Hijriah di 114 titik pada 7 Juni

Pewarta: Tuyani
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024