Bandung (ANTARA) -
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin berpesan agar para pemain Persib Bandung jangan sampai merana apalagi terlantar usai gantung sepatu.

Karenanya, dia mengusulkan pada manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) untuk berkoordinasi bersama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Jawa Barat, dalam rangka mempersiapkan para pemain dengan mencarikan mereka peluang supaya kehidupannya tetap stabil usai pensiun sebagai pesepak bola.

"Sudah banyak pemain Persib yang melegenda. Tapi kami mohon, yang muda-muda kalau boleh, dibekali pendidikan juga seperti wirausaha. Jangan sampai kita mendengar, saat jadi bintang berhasil, ketika turun menyedihkan," ujar Bey Machmudin dalam acara bertajuk Kadeudeuh untuk Persib Juara Liga 1 2023/2024 di Gedung Sate, Bandung, Selasa.

Momen pemberian Kadeudeuh bagi Persib ini, lanjut dia, menjadi harapan kepada BUMD, untuk membuka peluang memberikan bantuan pada para pemain supaya ketika pensiun, tetap memiliki penghasilan.

"Saya meminta BUMD untuk membantu, menawarkan. Kita sering mendengar pemain bola, bulu tangkis atau apapun itu yang saat usia 40-50 mulai (kesulitan). Seperti di BJB misalnya punya beberapa program, mungkin bisa dielaborasi. Itu pun kalau mereka (pemain) mau. Setidaknya dibekali ilmu," ucapnya.

Baca juga: Persib Bandung sudahi penantian 10 tahun untuk juarai Liga 1 Indonesia

Baca juga: Pj Gubernur Jabar apresiasi Persib Bandung raih trofi Liga 1


Harapannya, sebagian penghasilan para pemain dapat diolah menjadi usaha supaya kehidupan mereka di usia tua, usai gantung sepatu masih tetap terjamin.

Terlepas dari itu dia mengapresiasi atas keberhasilan Persib Bandung, yang berhasil menjuarai Liga 1 tahun 2023/2024. Mengingat penantian para bobotoh diakuinya cukup panjang, di mana terakhir kalinya Pangeran Biru merengkuh trofi juara pada 2014 silam.

"Masyarakat sangat mengapresiasi keberhasilan Persib, karena sudah menunggu 10 tahun untuk juara lagi. Tentunya mempertahankan lebih sulit daripada merebut. Ini jadi tantangan bagi seluruh jajaran dj Persib," ucapnya.

Bahkan, lanjut Bey Machmudin, animo masyarakat di Kota Bandung tidak dapat terbendung ketika Maung Bandung berhasil menekuk Madura United 3-1 di leg 2 Championship Series Liga 1 2023/2024, Jumat pekan lalu.

Sontak pesta perayaan terjadi di setiap sudut jalan Kota Bandung, yang menunjukkan bahwa begitu senangnya para bobotoh, karena pada akhirnya Persib menjadi juara.

Baca juga: Skuad juara Persib Bandung diarak menggunakan "Sisingaan"

Baca juga: Puluhan ribu Bobotoh sambut Persib Bandung juara Liga 1

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024