Jakarta (ANTARA) - Berikut rangkuman berita humaniora populer di Indonesia kemarin (Selasa, 4/5), mulai dari berangkat haji tak penuhi aturan visa tidak berpahala, hingga pengerahan 130 personel untuk perbaiki penyebab padamnya jaringan listrik tiga provinsi di Sumatera Bagian Selatan.

 

1) Muhammadiyah: Berangkat haji tak penuhi aturan visa tidak berpahala

Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Bidang Tabligh, Dakwah Komunitas, Kepesantrenan, dan Pembinaan Haji-Umrah M Saad Ibrahim mengingatkan para jamaah calon haji asal Indonesia agar memenuhi aturan yang telah ditetapkan, termasuk soal penggunaan visa khusus haji agar ibadah haji berpahala.

Saad menegaskan pelaksanaan ibadah haji tersebut jelas ada aturannya sehingga calon haji tidak serta merta menghalalkan berbagai cara untuk melaksanakan ibadah haji.

Oleh karena itu, ia menilai pelaksanaan ibadah haji tanpa visa haji sama saja tidak mendapatkan pahala meskipun syarat-syarat dan rukun-rukun hajinya terpenuhi.

Simak selengkapnya di sini:

 

2) BNPB hentikan pembiayaan luar negeri untuk program kebencanaan

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan menghentikan pembiayaan modal luar negeri untuk mendukung pelaksanaan program kebencanaan di tanah air.

Kepala BNPB Suharyanto mengatakan penghentian tersebut karena berdasarkan kalkulasi internal modal pembiayaan luar negeri tidak menambah secara signifikan total anggaran BNPB.

Simak selengkapnya di sini:

 

3) Puluhan kambing ditemukan mati diserang satwa liar di Karawang

Warga Kampung Taneh Bereum, Desa Tamansari, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat dihebohkan dengan matinya puluhan ekor hewan ternak jenis kambing selama beberapa waktu terakhir akibat serangan satwa liar.

Kepala Dusun Taneuh Beureum, Lain mengatakan kejadian ternak diserang satwa liar pertama kali diketahui di ladang penggembalaan hewan ternak pada Maret 2024 lalu. Lokasinya tak jauh dari kawasan hutan Gunung Sanggabuana..

Simak selengkapnya di sini:

 

4) Sejumlah penambang pasir tertimbun longsor di Pronojiwo Lumajang

Sejumlah penambang pasir di Daerah Aliran Sungai (DAS) Gunung Semeru tertimbun tanah longsor di kawasan penambangan pasir Kalibening di Desa Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa.

Kepala Desa Pronojiwo mengatakan peristiwa tanah longsor itu terjadi sekitar pukul 11.30 WIB dan dikabarkan empat hingga lima orang yang tertimbun longsor beserta armada truknya.

Simak selengkapnya di sini:

 

5) PLN kerahkan 130 personel perbaiki transmisi SUTT 275 Kv Lahat

PT PLN (Persero) mengerahkan 130 personel untuk memperbaiki gangguan transmisi SUTT 275 Kv Lubuklinggau – Lahat, Sumatera Selatan.

Manajer Komunikasi dan TJSL Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu Iwan Arissetyadhi mengatakan SUTT tersebut rusak sehingga berdampak pada sistem kelistrikan di wilayah kerja Sumatera Selatan, Jambi hingga Bengkulu, pada Selasa.

Simak selengkapnya di sini:

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024