Guna Dukung Pengguna Mobil Listrik di Indonesia

Jakarta, Indonesia, (ANTARA/PRNewswire)- Pemerintah Indonesia telah meluncurkan kebijakan untuk mengalihkan secara bertahap kendaraan BBM ke kendaraan listrik (EV), yang mana diharapkan adanya penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 81,9% pada 2045.[1] Untuk mendukung suksesnya agenda revolusi teknologi ini, AION menghadirkan serangkaian inovasi teknologinya ke Indonesia, salah satunya dengan menghadirkan teknologi dan kemampuan termutakhir baterai EV yang segera dihadirkan, sehingga kedepannya dapat menjadi solusi yang tepat bagi masyarakat di Indonesia.

AION telah mengadopsi teknologi dan material baru, seperti separator keramik berporositas tinggi, elektrolit daya tinggi dengan viskositas rendah, dan pelapisan bahan elektroda dengan karbon lunak/keras, serta grafena, sehingga AION berhasil meningkatkan migrasi ion, kecepatan interkalasi, dan konduktivitas listrik, sehingga dapat memungkinkan pengisian super cepat (fast charging).

Guna menstabilkan operasi teknologi fast charging, AION telah mengembangkan platform tegangan tinggi yang canggih, yang mana platform ini memiliki tegangan operasi maksimum 880V dan daya pengisian maksimum 480kW, hal ini memungkinkan pengisian daya untuk mencapai 200 km hanya butuh waktu 5 menit. Teknologi ini akan membawa dampak besar pada efisiensi dan kecepatan pengisian baterai kendaraan listrik.

Sebagai salah satu perusahaan pertama yang mengkomersialisasi grafena, AION telah mengembangkan teknologi persiapan grafena tiga dimensi (3DG) secara mandiri dan memiliki kluster paten yang kuat. Hal ini menjadikan AION unggul secara kompetitif serta paten dalam pengaplikasian grafena pada teknologi baterai pengisian cepat. Saat ini, material grafena 3D AION dapat diproduksi secara massal dengan stabil serta biaya terkontrol, dan kedepannya diharapkan dapat mendorong penerapan luas teknologi fast charging.

Berbeda dengan fast charging pile di pasar yang umumnya, fast charging pile A480 milik AION merupakan yang tercepat dengan daya pengisian tertinggi di dunia saat ini.

  1. Daya super tinggi: Dengan daya pengisian tertinggi di dunia sebesar 480KW (puncak: 1000V/600A), dapat mewujudkan efisiensi ultra fast charging yang memungkinkan para pengendara mencapai jarak 200 km dalam 5 menit pengisian atau enam kali lebih cepat dibandingkan dengan kompetitor.
  2. Keamanan super tinggi: Liquid-cooled charging system yang dimiliki AION dilengkapi dengan perlindungan keselamatan aktif multi-dimensi yang telah lulus 112 tes keselamatan kerja standar nasional.
  3. Penampilan super keren: fast charging pile ini memiliki bentuk unik bergaya sci-fi, yaitu tetesan air dengan kabel berteknologi liquid-cooled yang fleksibel dan ringan.
  4. Kecerdasan super tinggi: Sistem komando cerdas berbasis cloud memungkinkan pengisian yang fleksibel, serta penjadwalan yang optimal dengan menggunakan sumber daya jaringan listrik.
Chief Executive Officer GAC AION Indonesia, Andry Ciu menegaskan, "Setelah kami  menghadirkan kendaraan intelligent companion bagi seluruh masyarakat Indonesia, baterai yang dibawa AION ke Indonesia menawarkan solusi ramah lingkungan dan efisien untuk kebutuhan energi kendaraan listrik. Dirancang dengan teknologi canggih, baterai ini memiliki daya tahan tinggi dan mendukung pengisian cepat, andal, dan nyaman - mengurangi emisi karbon dan jejak lingkungan secara keseluruhan. Ini merupakan bukti komitmen AION untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia sekaligus mendukung transisi menuju mobilitas yang lebih hijau dan berkelanjutan."

 **********

Tentang GAC AION

GAC AION adalah salah satu merek terkemuka dalam industri otomotif, yang dikenal karena inovasi, keunggulan teknis dan komitmen terhadap keberlanjutan - menempati peringkat ke-165 dalam daftar Fortune 500. Dengan fokus pada kualitas, keamanan, dan pengalaman pengguna yang superior, GAC AION terus menjadi pilihan utama bagi pengemudi di seluruh dunia.

GAC AION dengan bangga mengumumkan bahwa mereknya telah meraih penghargaan peringkat pertama dari JD Power Cina. GAC AION telah meraih peringkat pertama sebagai merek mobil listrik dengan kualitas terbaik. Hal ini didasarkan pada Pedoman Pelaporan Kualitas Mobil Cina yang tercakup dalam Keselamatan Produk Kendaraan Bermotor – Pedoman Penilaian Resiko.

Pemeringkatan yang diberikan oleh Aqisqauto mencakup laporan komprehensif tentang lima topik utama: laporan kesalahan, resiko kesalahan, keandalan, keselamatan, dan pelestarian lingkungan. Ini menunjukkan bahwa GAC AION telah berhasil dalam semua aspek yang diukur, menegaskan reputasinya sebagai merek yang tidak hanya mengutamakan kualitas, tetapi juga keselamatan dan keberlanjutan.

Seluruh pencapaian ini membuktikan pula penjualan 1 juta unit dapat ditempuh hanya dalam 4 tahun 8 bulan sejak 2019 sampai Desember 2023. GAC AION juga mendapat peringkat ke 3 dunia sebagai mobil listrik terbaik di dunia.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024