Tripoli (ANTARA News) - Wakil Menteri Perindustrian Libya, Hassan al-Droui, ditembak mati ketika mengunjungi kampung halamannya Sirte, timur Tripoli, kata sumber-sumber keamanan dan rumah sakit, Ahad.

Identitas para penembak tidak segera diketahui, tetapi kematian pejabat itu adalah pembunuhan pertama terhadap seorang anggota pemerintah transisi sejak jatuhnya pemerintah Muammar Gaddafi Oktober 2011.

"Hassan al-Droui, wakil menteri perindustrian, tewas akibat ditembak oleh para penyerang yang tidak dikenal Sabtu malam , ketika mengunjungi kota kelahirannya Sirte," kata seorang pejabat keamanan kepada AFP.

"Para pria yang tidak dikenal menembaki Droui di tengah kota Sirte," kata pejabat yang tidak bersedia namanya disebutkan itu.

Seorang pejabat di rumah sakit Ibnu Sina mengonfirmasikan kematoan wakil menteri itu dan menambahkan ia mengalami luka-luka tembak di beberapa bagian tubuhnya.

Droui adalah mantan anggota Dewan Transisi Nasional, tangan politik pemberontak yang telah membantu menjatuhkan pemerintah 42 tahun Gaddafi.

Ia diangkat menjadi wakil menteri perindustriaan oleh perdana menteri pertama pemerintah peralihan , Abdelrahim al-Kib, dan tetap memangku jabatan itu ketika Ali Zeidan menjadi perdana menteri.

Kampung halaman Droui, yang terletak di pantai Mediterania sekitar 400km timur ibu kota Tripoli, adalah pangkalan terakhir pemerintah Gaddafi yang jatuh ketangan pemberontak tahun 2011.

Sejak ambruknya pemerintah Gaddafi, Libya dilanda aksi kekerasan, termasuk sejumlah pembunuhan yang ditujukan pada para pejabat penting militer dan keamanan.
(RN/AK)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014